Piala AFF U-15: Indonesia Ditahan Imbang Timor Leste
Pemain Indonesia Melakukan selebrasi Setelah Berhasil Mencetak Skor Melawan Timor Leste

1,689 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Chonburi (Centangbiru) – Tim Nasional Garuda Muda Indonesia harus puas berbagi angka setelah bermain imbang 1-1 pada lanjutan pertandingan Piala AFF U-15 melawan Timor Leste, Rabu (31/7), di Chonburi, Thailand. Sempat unggul lebih dahulu lewat sepakan Marselino Ferdinan, Timor Leste kemudian menyamakan kedudukan lewat Paulo D Freitas. Hasil ini tetap membawa Indonesia berada di peringkat kedua dibawah Timor Leste dengan poin sama-sama tujuh.

Garuda Muda menurunkan pemain terbaik mereka pada laga ini termasuk trio Marselino Ferdinan, Wahyu Agong, dan Valereon. Sementara dari kubu Timor Leste, duet Akexandro Kefi dan Freitas juga dimainkan, keduanya masing-masing telah mengemas empat gol. Di sisi lain, Freitas saat ini juga masih menjalani penyelidikan terkait kasus dugaan pencurian umur.

Babak pertama diawali dengan serangan Timor Leste langsung mendapatkan peluang bagus saat Alexandro melakukan solo run hingga kotak penalti. Hanya saja tekanan yang dia lakukan masih bisa digagalkan pemain belakang Indonesia. Peluang itu kemudian disambung dengan penetrasi Freitas, yang masih bisa digagalkan Faizal yang turun hingga belakang.

Indonesia akhirnya bisa punya peluang bagus setelah laga berjalan delapan menit, berawal dari pergerakan Faizal di sisi kanan, tetapi bola yang disodorkan kepada Valereon masih gagal dimanfaatkan menjadi gol.

Dua pemain Timor Leste Freitas dan Kefi menjadi duet yang cukup menyulitkan, salah satunya adalah kerjasama keduanya di menit ke-15 yang membuat Freitas mendapatkan peluang bagus. Beruntung masih ada Mikael Tata yang melakukan blok.

Freitas kembali menebar ancaman dengan solo run menembus kotak penalti, namun sebelum masuk ke area berbahaya, Dimas Pamungkas melakukan dorongan hingga sang striker terjatuh dan langsung mendapatkan kartu kuning. Beruntung, peluang tendangan bebas yang dilakukan Kefi masih melambung tinggi di atas mistar.

Indonesia membalas melalui usaha Marselino yang kemudian dijatuhkan bek lawan di luar kotak penalti. Sayang, peluang dari tendangan bebas yang dieksekusi Marselino masih membentur pagar.

Peluang emas kembali didapatkan Timor Leste di menit ke-29, saat Freitas mampu lolos dari terjangan Mikael. Namun, dengan sangat sigap Kaicen berhasil melakukan blok untuk mencegah bolamasih ke gawang.

Sepuluh menit terakhir, Timor Leste terus berusaha menggempur pertahanan Indonesia. Kerja keras Alfin, Mikael hingga Kaicen benar-benar spartan untuk menahan segala serangan lawan.

Satu menit menjelang babak pertama habis, Valereon mendapatkan peluang emas, namun tembakan keras yang dia lepaskan masih membentur mistar gawang. Laga babak pertama pun harus diakhiri dengan skor imbang 0-0.

Pertandingan babak kedua dimulai dengan peluang emas yang didapatkan Freitas yang tinggal satu lawan satu dengan kiper. Namun, Kaicen dengan sangat sigap berhasil melakukan blok. Bola sempat dikuasai kembali oleh sang striker, tetapi dengan cepat Dimas menghantam bola jauh-jauh.

Timor Leste lengah saat mereka terus menggempur pertahanan Indonesia, serangan balik yang dilakukan sukses membuat Indonesia unggul. Adalah Marselino di menit ke-45 yang memanfaatkan bola melintir dari tembakan Faizal yang diblok pemain belakang Timor Leste.

Usai unggul, Indonesia melemahkan serangan. Hal ini sukses membuat Timor Leste menyamakan kedudukan usai Freitas lolos dari jebakan offside di menit ke-57. Dia pun juga mendapatkan kartu kuning usai melakukan selebrasi provokatif di depan bench Indonesia.

Indonesia mendapatkan peluang emas di menit ke-59 melalui hadiah penalti dari wasit setelah Fernando melakukan handsball. Hanya saja, skor tidak berubah setelah sepakan Faizal mampu diblok oleh kiper Timor Leste.

Indonesia kembali mendapatkan peluang matang dari Wahyu di menit ke-66, sayang tembakan voli yang dia lepaskan masih melambung tinggi di atas mistar. Tembakan yang melambung juga dilakukan Valereon saat dia tidak terkawal di luar kotak penalti di menit ke-69.

Peluang matang didapatkan Pascoal Ximenes usai mendapatkan terobosan dari Freitas. Namun, ada Alexandro yang melakukan intersep dan kemudian membuang bola jauh-jauh.

Satu menit menjelang laga usai, Marselino mendapatkan peluang dari tembakan di dalam kotak penalti. Namun, bola yang dia lepaskan masih melebar di sisi kiri gawang Timor Leste. Dua menit perpanjangan waktu yang kemudian diberikan oleh wasit tidak mampu mengubah kedudukan.

Susunan Pemain

Indonesia U-15
I Made Kaicen, Alfin Lestaluhu, M Faizal, Wahyu Agong, Marselino Ferdinan, Ruy Arianto, Marcell Januar, Alexandro Felix, Dimas Juliono, Mikael Alfredo, Valereon

Cadangan: M Asyyurah, Nevin Geraldo, M Fajar, M Khakim Al Mukhasibi, M Aditya Rangga, Resa Aditya, Diandar Diaz, Dio Rizky, Aditya Duffa, Ahmad Athallah, Franciscus Valentino

Timor Leste U-15
Filonito Nogueira, Fernando De Carvalho, William Quintas, Danilio Alves, Neidinho Da Costa, Cristevao Fernandes, Serafin Brito, Alexandro Kefi, Paulo Da Costa Freitas, Zenivio Mota, Julinho Da Costa

Cadangan: Juvencio Da Silva, Revelino Martins, Celestino Pinto, Joao Sequira, Mario Neves, Pascoal Ximenes, Luis Ribeiro, Matias Guiterres, Norben Mota, Mourinho De Jesus, Guerson Belo, Aureo Da Costa

Sumber : Goal