Dikabarkan Kembang Kempis, Ini Kabar Terbaru Pabrik Esemka
Mobil Esemka

2,101 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Jakarta (Centangbiru) – Di tengah masa pandemi Covid-19, sektor otomotif terkena imbasnya. Hampir semua perusahaan terkena dampak, salah satu yang mendapat sorotan adalah mobil yang sempat diklaim untuk dibanggakan, yakni mobil Esemka.

Beredar kabar bahwa pabriknya yang berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali Jawa Tengah sudah tak ada aktivitas lagi. Padahal, perusahaan ini sempat menghebohkan masyarakat setelah tahun lalu meluncurkan pikap Bima pertengahan tahun lalu.

Namun, salah seorang sumber CNBC Indonesia yang tidak ingin disebutkan namanya itu menyebut tidak ada perubahan apapun dalam proses manufaktur Esemka.

“Kalau aktivitas dan produknya tetap jalan,” kata sumber di PT. Solo Manufaktur Kreasi.

Soal nasib mobil Esemka terkini, sempat disampaikan oleh pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut Esemka telah mengurangi jumlah produksi akibat terdampak covid-19.

“Pandemic Covid-19 yang terjadi saat ini di industri otomotif secara umum menyebabkan perusahaan [Esemka] melakukan pengurangan produksi,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika Kamis (11/6) seperti dikutip dari CNN Indonesia.

PT SMK menargetkan produksi 3.500 unit pick up Bima. Setelah meresmikan pabrik pada awal September 2019 oleh Presiden Jokowi, Esemka diklaim akan mampu menyerap 300 tenaga kerja lokal dan kapasitas produksi 10 ribu unit per tahun.

(CNBC Indonesia)