Jalin Silaturrahmi, Warga Perum Tamber Indah Lubuk Sikaping Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Syukuran

6,284 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Warga Perumahan Tamber Indah Lubuk Sikaping, Pasaman, menggelar acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1442 H serta acara syukuran atas selesainya pembangunan Mushalla Rahmatullah, yang bertempat di Mushalla Rahmatullah Perum Tamber Indah, Jumat (6/11/2020).

Disamping mempererat jalinan tali silaturahmi antar warga, acara ini juga untuk menyebarkan syi’ar Islam, dan dapat lebih meningkatkan lagi ilmu agama Islam.

Peringatan Hari Besar Islam, Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang digelar warga perumahan Tamber Indah, mengudang Ustadz Yulnedi Malin Basa untuk menyampaikan tausiah.

Ketua panitia sekaligus Ketua Pengurus Mushalla Rahmatullah, Hasnul dalam sambutannya, menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh warga perumahan yang telah mendukung kegiatan Maulid ini, dan sangat mengapresiasi kerja keras panitia dalam mempersiapkan acara hingga sukses lancar di gelar.

“Dengan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, diharapkan hubungan silaturahmi tetap terjaga dan ukhuwah islamiah semakin terjalin dan terima kasih kepada seluruh warga atas dukungan dan partisipasi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu,” ujar Hasnul selaku Ketua Pengurus Mushalla Rahmatullah Tamber Indah.

Dirinya menegaskan, bahwa rasa syukur kehadirat Allah SWT, dikarenakan Mushalla Rahmatullah Perum Tamber Indah bisa dibangun dengan waktu tiga bulan berkat swadaya warga perumahan Tamber Indah dan beberapa orang dermawan selaku donatur.

“Alhamdulillah, berkat kekompakan warga perumahan Tamber Indah sehingga bisa membangun Mushalla Rahmatullah dengan kokoh berdiri megah. Semenjak awal bulan puasa sudah bisa digunakan beribadah dengan Shalat Berjamaah bersama masyarakat sekitar,” ujar Hasnul, yang kesehariaannya sebagai Kepala KUA Kecamatan Simpang Alahan Mati.

Hasnul juga menambahkan, bahwa Mushalla Rahmatullah masih banyak yang butuh dibangun. Antara lain, belum adanya fasilitas tempat berwudhu bagi para jamaah.

“Kami masih sangat mengharapkan bantuan para donatur, karena saat ini Mushalla Rahmatullah Tamber Indah belum memiliki sarana tempat berwudhu. Apalagi, sekarang sudah ada program Maghrib mengaji, kasihan anak-anak kita tidak ada tempat berwudhunya,” ungkap Hasnul.

Sementara acara peringatan Maulid Nabi, dibuka dengan pembacaan kalam Ilahi oleh Saoki Fetriadi, suara indah dengan bacaan Al-Qur’an yang begitu tartil menambah sakral acara pada malam itu.

Dilanjutkan ke acara inti Mauidhotul Hasanah atau ceramah agama oleh Ustadz Yulnedi Malin Basa. Dalam isi kajiannya menerangkan bahwa acara majelis seperti ini akan didatangi oleh ribuan Malaikat. Ia juga menyampaikan pentingnya mengadakan acara Maulid, karena isi dari maulid itu sejarah singkat Nabi Muhammad SAW. Agar kita bisa meneladani kehidupan beliau.

Ustadz Yulnedi dalam ceramahnya menyampaikan, bahwa peringatan yang diselenggarakan ini merupakan wujud penghormatan umat Muslim akan kepribadian Rasullullah Nabi Muhammad SAW yang sempurna, serta meneladani perjuangannya dalam menyebarkan syiar Islam dan membangun peradaban masyarakat yang dipimpinnya dengan kesabaran, ketekunan dan berakhlaqul karimah.

Sebagai umat Muslim, lanjutnya, kita harus senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT sebagai dasar dan landasan yang kuat untuk memperkokoh mental spiritual dalam melaksanakan setiap tugas yang diembankan kepada kita.

“Mari kita sama-sama berintrospeksi diri sejauh mana kita telah mengimplementasikan keteladanan Rasullullah, baik dalam kehidupan pribadi, dalam membina keluarga maupun dalam pekerjaan keseharian kita,” kata Malin Basa.

Ustadz Yulnedi berharap, semoga uraian hikmah yang disampaikan, dapat meningkatkan iman dan taqwa kita semua serta dapat lebih mensyukuri atas nikmat yang telah diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sebanyak puluhan warga perumahan Tamber Indah dan warga sekitarnya ikut meramaikan peringatan maulid ini yang digelar setelah Shalat Isya berjamaah.

Setelah acara Maulid, dilanjutkan dengan acara syukuran atas selesainya pembangunan Mushalla Rahmatullah Tamber Indah dengan makan bersama.

“Alhamdulillah, dengan semangat kebersamaan segenap warga Perum Tamber Indah, acara syukuran selesainya pembangunan Mushalla Rahmatullah berjalan dengan suasana penuh keakraban dan penuh kebahagiaan. Terima kasih kepada Ibu-ibu yang sedia memasak makanan dengan ikhlas, semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua,” ujar Sortaria yang didampingi Rilla Anggraini selaku koordinator konsumsi acara.

(Unc)