Tim Indonesia Tampil Perdana, Inilah Jadwal MotoGP Qatar Malam Ini
Pebalap Indonesia Mas Bo

824 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Qatar (Centangbiru) – Balapan utama MotoGP Qatar 2021 dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Losail, Minggu (28/3/2021) malam ini pukul 22.00  WIB.

Sebelum tancap gas pada sesi race, semua pebalap MotoGP sudah mengikuti kualifikasi pada Sabtu (27/3/2021) malam.

Hasilnya, baris terdepan atau posisi tiga besar dikuasai oleh tim-tim pabrikan. Ducati paling depan.

Tim asal Italia itu mengamankan posisi start terdepan MotoGP Qatar melalui pebalapnya, Francesco “Pecco” Bagnaia.

Bagnaia menjadi pole sitter setelah mencatatkan waktu putaran tercepat 1 menit 52,772 detik pada sesi kualifikasi.

Ini adalah pole position pertama bagi pebalap yang merupakan anak didik Valentino Rossi itu di MotoGP.

Menyusul di belakang Bagnaia, berturut-turut ada duo Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. Quartararo menempati posisi runner-up setelah menorehkan waktu lap terbaik 1 menit 53,038 detik.

Sementara, Vinales meraih tempat ke-3 dengan catatan waktu putaran tercepat 1 menit 53,088 detik.

Vinales unggul 0,026 detik dari rekan setimnya dulu Valentino Rossi yang saat ini memperkuat tim Petronas Yamaha SRT. The Doctor sebenarnya sudah berhasil menduduki peringkat tiga pada sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2021.

Namun, posisi pebalap 42 tahun melorot karena dibalap Vinales pada flying lap.

Sementara Rossi dkk meraih posisi start strategis, sang juara bertahan Joan Mir (Suzuki Ecstar) malah tercecer.

Mir harus melalui kualifikasi 1 (Q1) sebelum menembus ke Q2. Namun, dia kalah cepat dari pebalap-pebalap rival.

Mir pun harus puas start dari posisi 10 pada race MotoGP Qatar usai hanya mencatatkan waktu 1 menit 53,682 detik pada sesi kualifikasi.

Jalannya balapan MotoGP Qatar 2021 akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi swasta Trans7.

Selain itu, aksi kebut-kebutan Valentino Rossi dkk juga bisa disaksikan lewat layanan live streaming berbayar.

Sementara, Tim Indonesia dengan pembalap Pertamina Mandalika SAG Team, BoBendsneyder, berhasil meraih posisi start ketiga di Moto2 Qatar. Bakal mengawali balapan dari baris terdepan, Pertamina Mandalika SAG Team bertekad meraih hasil bagus.

Dalam sesi kualifikasi Moto2 yang berlangsung di Sirkuit Losail, Sabtu (27/3/2021) malam WIB, Bo Bendsneyder tampil bagus. Pembalap yang akrab disapa Mas Bo itu menorehkan waktu 1 menit 58,959 detik.

Dia tertinggal 0,233 detik dari pembalap ELF Marc VDS Racing Team, Sam Lowes. Sementara itu, rekan setim Bo Bendsneyder, Tom Luthi hanya mampu menempati posisi ke-17 dari 29 pembalap.

Ketua Pertamina Mandalika SAG Team, M. Rapsel Ali, menyambut baik hasil yang didapat dua pembalap timnya pada sesi kualifikasi. Ali berharap Bo dan Tom Luthi bisa meraih hasil bagus dalam balapan Moto2.

“Saya cukup puas dengan penampilan perdana Pertamina Mandalika SAG Racing Team, yang merupakan tim pertama Indonesia dalam kancah Moto2 di MotoGP,” ujar Rapsel Ali.

“Semoga Indonesia bisa menjadi juara dunia Moto2 pada tahun ini. Saya ucapkan terima kasih dukungan semua pihak, pemerintah, IMI, para sponsor, rekan-rekan tim dan fans yang telah mendukung tim ini,” lanjutnya.

“Kita doakan balapan Moto2 hari ini (28/3/2021) tetap lancar dan saya sudah sampaikan kepada pembalap Bo Bendsneyder dan Tom Luthi untuk tampil maksimal malam ini,” tutur Ali dalam rilis yang dilansir dari laman Kompas.

(CNN/Kompas)