Katan jo Goreng Pisang, Cemilan Khas Minang Pembangkit Selera
Katan jo Goreng Pisang

1,847 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Kolaborasi merupakan perpaduan yang indah dan membuat semua akan menjadi indah dan nikmat bila dibuat cocok dan klop. Berbicara perpaduan, sering masyarakat mengaitkan dengan kecocokan pasangan busana atau sajian menu makanan.

Nah kalau bicara makanan, maka masyarakat zaman sekarang maupun pemburu kuliner akan berusaha mencari yang memanjakan lidahnya di smartphone melalui jejaring situs pencarian yang ada.

Ada satu jajanan atau cemilan santap pagi maupun sore, yang tersedia di Sumatera Barat dan wajib dirasakan kenikmatannya dengan khas Minang nan menggugah selera.

Katan jo Goreang Pisang, yaa itulah menu wajib anak muda nongkrong di Sumbar semenjak dahulu kala. Ditambah kopi hitam dan hisapan cigarette sebagai penyempurnanya, akan membuat anda fresh serta terbuai dalam kenikmatan lezat tiada duanya.

Katan atau Ketan adalah sajian yang terbuat beras pulut atau ketan nan pulen, yang ditambah dengan taburan ‘karambia’ atau kelapa. Sementara, pelengkap pasangannya adalah ‘Goreang Pisang’ yang merupakan gorengan pisang dari jenis Pisang Batu atau Kepok maupun Pisang Rajo.

“Katan jo Goreng Pisang sangat lezat dengan dipadu dengan kopi hitam, ini merupakan cemilan wajib di kala pagi maupun sore hari. Menu khas minang seperti ini wajib kita lestarikan, agar generasi sekarang bisa merasakan lezatnya sajian turun temurun dari ranah minang,” ujar Rodi Datuak Putiah, kepada Centangbiru, (29/3).

Datuak Putiah menambahkan, bahwa Katan jo Goreng Pisang diakuinya saat ini susah ditemukan apabila benar-benar ingin menikmatinya.

“Kenyataannya, pada saat ini kalau ada yang menjual jenis-jenis gorengan saja, jarang yang menjual lengkap dengan ketannya. Apabila dicoba Katan jo Goreng ini, pasti bakalan ketagihan,” ungkap Rodi.

Sementara, Toni Apria yang merupakan penggemar berat Katan jo Goreng Pisang ini mengatakan, bahwa cemilan khas minang ini sangat pas dinikmati bila keadaan santai bersama keluarga atau teman-teman.

“Percayalah, Katan jo Goreng Pisang ini sangat enak dan yammi. Sekira anda mencobanya, maka akan ketagihan. Jangan lupa siapkan kopi hangat dan sebatang rokok untuk penyempurnanya,” ujar Toni, yang berasal dari Jambak, Lubuk Sikaping.

Sementara, Muhammad Rosdiawan (27) anak muda rantau dari Bengkulu mengatakan, ia cukup menyukai suguhan Katan jo Goreng Pisang. Menurutnya, cemilan ini cocok untuk lebih membuka cakrawala dikala sedang mencari ide-ide kreatif sambil santaikan diri.

“Rasanya sangat enak, paduannya klop banget. Cemilan Katan jo Goreng Pisang ini wajib dilestarikan, nikmatnya seperti pembangkit selera disaat jenuh dengan makanan itu ke-itu saja,” ujar pemuda yang akrab disapa Didi.

Untuk mendapatkannya, sangat mudah ditemukan di sepanjang jalan atau pasar tradisional di Sumatera Barat, khususnya Pasaman.

(Unc)