Sambut Bulan Ramadhan, Benny Utama Imbau ASN Ramaikan Masjid Dan Edukasi Penerapan Prokes
Bupati Pasaman, Benny Utama

1,252 kali dilihat, 62 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Apel pagi gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) berstandar protokol kesehatan digelar di halaman Kantor Bupati Pasaman, Senin (5/4).

Tidak hanya barisan OPD yang terlihat, namun 12 camat juga nampak membentuk satu barisan di sisi utara gedung kantor bupati tersebut.

Bupati Pasaman Benny Utama dalam arahan apel berdurasi 37 menit, lebih banyak memberikan wejangan selaku ‘orang tua’ kepada ‘anak’ dalam pelaksanaan tugas dan fungsi seorang aparatur sipil negara.

Seperti dalam menyambut bulan suci penuh ampunan dan kemuliaan, Bulan Ramadhan 1442 H, kepada segenap ASN diminta meramaikan masjid di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Baik dalam menunaikan sholat fardhu maupun shalat sunat tarawih dan witir selama bulan puasa.

“Mari ramaikan Masjid, namun dengan menerapkan protokoler kesehatan Covid-19, sembari kita mengedukasi masyarakat dengan pola kehidupan baru di tengah pandemi Covid-19,” imbau Benny Utama.

Para ASN juga diharapkan menjadi panutan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dalam menjalani ibadah bulan suci Ramadhan maupun kehidupan sehari-hari.

“Tidak ada pilihan bagi kita selain mematuhi aturan protokoler kesehatan dan beradaptasi dengan pola kehidupan baru. Memang tidak nyaman, namun harus dipatuhi,” tegas bupati.

Dalam pelaksanaan tugas, bupati Benny Utama mengajak ‘pegawainya’ untuk memberikan pengabdian terbaiknya buat masyarakat, demi terwujudnya visi daerah menuju Pasaman yang Lebih Baik dan Bermartabat.

“Bekerjalah terukur, pahami fungsi dan tugas masing-masing, karena semakin cepat program kegiatan terealisasi, maka akan semakin cepat pula uang terserap di masyarakat,” ujar Benny.

Program Pasaman cerdas berimplementasi Pendidikan Gratis 12 tahun mulai tahun 2022 di Pasaman, ikut disampaikan bupati.

“Pendidikan memang investasi jangka panjang dan mahal, tapi harus dilakukan. Tidak ada pilihan, anak-anak Pasaman harus sekolah, minimal lulus SLTA,” ujarnya lagi.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Sabar AS lebih menekankan soal disiplin yang berimplikasi pada hasil pekerjaan.

“Disiplin tidak sebatas waktu masuk kerja, namun juga meliputi disiplin hasil pekerjaan, disiplin administratif, disiplin atitude (moralitas), etika yang baik, serta bersikap santun dan ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” terang Wabup Sabar AS.

Sabar AS juga mengimbau, supaya menyegerakan dan memaksimalkan pelaksanaan program kerja tahun anggaran 2021.

“Pasaman harus berlari kencang untuk mengejar ketertinggalan. Karenanya sesama aparatur mesti menjaga soliditas, serta fokus dan maksimal memacu kinerja, demi tercipta percepatan-percepatan di seluruh kegiatan yang sudah terprogram,” pesan Wabup.

Demi menerapkan Prokes Covid-19, apel gabungan Senin pagi hanya diikuti pejabat eselonering, mulai sekretaris daerah hingga pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman.

(Unc)