Pelaksanaan Ibadah Ramadhan 1442 H, Kemenag Pasaman Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19
Kantor Kemenag Pasaman

519 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman, Dedi Wandra mengingatkan umat islam agar senantiasa tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19, dalam rangka melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan 1442 H. Seperti pelaksanaan ibadah sholat tarawih berjamaah di masjid atau mushola.

Hal tersebut disampaikan Kakan Kemenag Pasaman Dedi Wandra saat diwawancara Centangbiru di ruang kerjanya, Jumat (9/04/2021).

“Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 3 tahun 2021, bahwasanya untuk bulan suci Ramadhan 1442 H ini masyarakat boleh melaksanakan ibadah Ramadhan di rumah ibadah, seperti Masjid dan Musholla. Akan tetapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Kakan Kemenag juga mengatakan, untuk pelaksanaan sholat tarawih di bulan suci Ramadhan kali ini sudah dibolehkan di tempat ibadah yang ada, dengan menerapkan protokol kesehatan, kemudian  mengimbau pada pengurus Masjid dan Musholla bahwa kapasitas Masjid hanya boleh 50% dari yang biasanya. Karena aturan Physical distancing sangat diwajibkan.

“Untuk pelaksanaan sholat tarawih kali ini, kita berharap kepada jamaah agar dapat membawa masker, Hand Sanitizer dan membawa mukena atau sejadah sendiri ke Masjid atau Musholla. Dan kepada para mubaligh dan pengurus Masjid telah dijelaskan dalam surat edaran itu bahwa ceramah Ramadhan boleh dengan catatan 15 menit, cukup yang inti-intinya saja,” terang Dedi Wandra.

Diakhir wawancara Kakankemenag berharap, semoga Covid-19 ini tidak menjadi penghalang bagi ummat Muslim. Ditahun lalu jamaah juga disuruh dirumah saja, namun sekarang sudah bisa beribadah di masjid dan musholla, maka pada masyarakat mari bersama memanfaatkan Bulan Ramadhan kali ini dengan betul-betul untuk beribadah guna mencapai taqwa nan sempoerna.

(Unc)