Encore event creator Gelar Festival Seni Budaya

4,231 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Budaya daerah adalah budaya yang menggambarkan keadaan dan sifat di setiap daerah. Mengabaikannya bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah di sekitar kita.

Maka dari itu, Encore event creator menyelenggarakan atau mengikuti acara seni budaya, yang merupakan salah satu cara untuk melestarikan seni budaya tersebut.

“Pelestarian budaya merupakan upaya perlindungan dari kemusnahan. Maksud dari melestarikan budaya adalah agar nilai-nilai luhur budaya yang ada di dalam suatu tradisi, dapat tetap dipertahankan. Meskipun telah melalui proses perubahan bentuk budaya mengikuti zamannya,” ujar Fatika Oktanas, selaku owner Encore kepada Centangbiru, Minggu (17/10).

Kita ketahui bersama, contoh dari macam-macam budaya daerah Indonesia adalah Tarian. Contohnya, Tari Kecak khas Bali, Tari Piring khas Minangkabau, Tari Tortor khas Batak, dan lain sebagainya.

Lagu-lagu, contohnya; lagu Kicir-Kicir dari Jakarta dengan khas logat betawinya, lagu Apuse dari Papua, lagu Bubuy Bulan dari Jawa Barat, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, adalah Musik,
contohnya; alat musik Gamelan dari Jawa, Gondang Batak, Suling dan Keroncong khas Sunda, dan lain sebagainya.

Pakaian Adat, contohnya; Cele dari Maluku, Songket dari Lampung, Baju Bodo dari Makassar, dan lain sebagainya.

“Secara umum permasalahan dalam bidang kebudayaan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah, tentang bagaimana cara masyarakat Indonesia itu sendiri untuk memajukan dan melestarikan budayanya,” kata Fatika.

Salah satu bentuk transformasi atau perubahan bentuk budaya adalah kehadiran globalisasi. Pesatnya perkembangan globalisasi pada era ini, tidak bisa begitu saja kita hindari. Adanya globalisasi telah menawarkan gaya hidup yang konsumtif, yang bisa saja secara perlahan lahan akan menghilangkan nilai-nilai yang diajarkan dalam kearifan daerah bangsa.

Indonesia telah dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya daerah atau lokalnya. Untuk itu, dengan banyaknya warisan budaya daerah yang dimiliki bangsa Indonesia, masyarakat kita wajib untuk melestarikan budaya daerah sekitarnya.

Salah satu cara menjaga seni budaya kita, salah satunya dengan cara mengadakan dan turut serta dalam kegiatan lomba/pentas seni di daerah kita. Ini merupakan menjaga dimana pengiat atau pelaku seni budaya mendapatkan tempat untuk mengekspresikan kesenian tersebut.

“Maka dari itu, Encore event creator mencoba menfasilitasi komunitas atau sanggar seni budaya di Kabupaten Pasaman. Melestarikan adalah kata kunci Encore event creator untuk melakukan event ini. Event ini merupakan tempat pelaku seni budaya di Pasaman berekspresi menurut bidang nya masing-masing. Ini juga merupakan event online pertama di Pasaman yang akan live di kanal sosial media. Untuk itu kami sangat berharap komunitas dan sanggar seni di Pasaman yang akan kami undang untuk ikut berpartisipasi dalam event ini. Kami berencana akan mengundang 15 komunitas atau pun sanggar seni untuk ikut dan mengirimkan video karya seni mereka dengan durasi 10 menit. Bisa berupa tarian musik nyanyian atau pun cerita rakyat dan pantomin puisi dan lainnya.

Fatika Oktanas sangat berharap, bisa memulai ini dengan bersama-sama menjaga dan memberi ruang untuk kesenian daerah lokal, dan para komunitas atau sanggar dapat ikut serta meramaikan dengan karya karya terbaik mereka.

(FO)