HMI, KAHMI dan FORHATI Sumbar Serahkan Bantuan Serta Layanan Kesehatan Gratis Bagi Warga Malampah
HMI, KAHMI dan FORHATI Sumbar bersama Sabar AS Saat serahkan bantuan ke Malampah

2,876 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Malampah (Centangbiru) – Sejumlah kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bersama para pengurus Majelis Wilayah Korps Alumni HMI (KAHMI) serta Forhati Sumatera Barat, turun menyalurkan bantuan dan pelayanan kesehatan gratis bagi korban gempa di Kampung Taruko, Jorong Kampung Tabek, Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, Sabtu (19/3/2022).

Rombongan yang dipimpin langsung Presidium KAHMI Sumbar, Lahmuddin Siregar yang juga Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Sekretaris KAHMI Sumbar, Agustian Piliang, Forhati bersama para kader HMI, langsung diterima oleh Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS bersama ketua GOW Pasaman, Ny. Deni Sabar AS serta rombongan Presidium MD KAHMI Pasaman di Posko Kantor Camat Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman.

Turut hadir ketua DPC PPP Pasaman, Yulius Erita yang juga dewan penasehat MD KAHMI Pasaman, dan Sekretaris DPC PPP, Emitrapil anggota DPRD Pasaman juga presidium MD KAHMI Pasaman.

Ketua tim relawan HMI KAHMI Forhati Peduli Bencana, Lahmudin Siregar mengatakan kedatangan rombongan ini untuk menyerahkan bantuan yang telah dikumpulkan dari keluarga besar HMI, KAHMI Sumbar dan Forum Alumni HMI-Wati (FORHATI).

“Bantuan-bantuan tersebut berupa perlengkapan dan obat-obatan untuk bayi, anak balita, dan ibu-ibu rumah tangga,” terang Lahmuddin Siregar.

Lahmudin Siregar yang juga salah satu Presidium Majelis Wilayah KAHMI Sumbar mengatakan bahwa tim relawan HMI KAHMI ke Pasaman untuk memfokuskan pelayanan kesehatan terhadap bayi, anak balita, dan membantu kebutuhan ibu-ibu rumah tangga.

“Kita targetkan itu, memang, sekiranya kalangan tersebut adalah kalangan yang rentan pasca kejadian bencana alam seperti gempa bumi. Kita juga membawa Tim Kesehatan HMI yang memberikan pelayanan kesehatan kepada korban gempa khusus di Kampung Taruko, Malampah,” katanya.

Kunjungan yang dilakukan tersebut disampaikan oleh Lahmuddin sebagai bentuk kepedulian dan simpati dari HMI/KAHMI yang mengabdi di Sumatera Barat untuk masyarakat yang terkena dampak gempa bumi.

“Selain membawa bantuan, kita dari HMI KAHMI juga membawa tim medis untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi masyarakat. Semoga semua bisa terobati dengan kedatangan kita ini dan masyarakat terbantu,” ucap Lahmuddin didamping Sekretaris KAHMI Sumbar, Agustian Piliang.

Selain menyerahkan bantuan, tim relawan HMI/KAHMI juga menyempatkan diri untuk bercerita dengan masyarakat tentang segala kebutuhan yang diperlukan.

“Kedepannya, kita berharap apa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara perlahan bisa dipenuhi oleh Pemerintah dan juga stakeholder lainnya,” tutup Lahmuddin.

Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS yang juga turut mendampingi kelokasi pelayanan kesehatan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada tim peduli HMI KAHMI dan Forhati yang sudah datang dan berempati terhadap masyarakat setempat.

“Kehadiran ini akan memberikan efek besar kepada masyarakat, khususnya di daerah Taruko, Kecamatan Tigo Nagari,” kata Sabar AS.

Sabar AS juga menambahkan bahwa segala bantuan yang dibawa oleh Tim Peduli HMI/KAHMI baik secara materil maupun yang sifatnya non-materil adalah hal yang sangat dibutuhkan masyarakat hari ini.

“Pemulihan secara fisik dan mental memang fokus kita hari ini, dan HMI/KAHMI membawa itu semua kesini, itu sangat dibutuhkan”, ungkap Sabar AS.

Tokoh warga setempat, Arman (56) mengatakan bahwa untuk saat ini sudah ada bantuan juga dari Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia berupa 13 unit rumah hunian sementara yang sudah bisa ditempati. “Saat ini sudah terbangun tiga unit dan dalam tahap pengerjaan sebanyak 12 unit, dan dalam minggu depan ditargetkan selesai,” katanya.

Kepada tim Peduli HMI/KAHMI, Arman menyampaikan terimakasih yang besar karena sudah bersimpati dengan mengunjungi tempat mereka.

(ns)