Mahasiswa KKN Unand Di Nagari Pauah Survei Lokasi Wisata Bayang Aia
Wali Nagari Pauah, Dedi Rahmadani bersama Mahasiswa KKN Unand saat tinjau lokasi wisata Bayang Aia

924 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Sektor pariwisata saat ini menjadi topik hangat yang dibincangkan di Pasaman. Terkait hal itu, Mahasiswa KKN Unand melakukan kunjungan dan survei lokasi Wisata Desa peringkat Ke-4 Tingkat Nasional, yakni destinasi Bayang Aia Nagari Pauah, Pasaman, Sumatera Barat.

Mahasiswa KKN Universitas Andalas bersama Wali Nagari Pauah, Dedi Rahmadani dan Kepala Jorong Tanjuang Alai mengunjungi destinasi wisata Bayang Aia, Pauah, Pasaman, Sumatera Barat pada Minggu, (31/07/2022).

Kunjungan survei ini dilakukan untuk mendapat gambaran dan rancangan program kerja dalam pembangunan wisata tersebut.

Adapun tujuan utama diselenggarakannya kegiatan kunjungan ini adalah untuk pembangunan wisata Bayang Aia sebagai destinasi yang berpotensial.

Wisata Bayang Aia merupakan wisata asri dan telah berhasil raih prestasi, dengan memenangkan peringkat 4 Lomba Desa Wisata Nusantara yang diadakan oleh Kementrian desa pada bulan Juni lalu.

Bayang Aia sendiri adalah wisata dengan keindahan alam yang masih asri dan alami. Bagaimana tidak, pengunjung dimanjakan dengan pemandangan alam Bukit Barisan dan air yang jernih dan segar.

Dari kunjungan tersebut, menurut Bapak Wali Nagari Pauah, Dedi Rahmadani, masih banyak hal yang harus dibenahi seperti penempatan peta dan loket yang lebih strategis, renovasi pembangunan, dan fasilitas. Kemudian regulasi penebangan dan penambangan material di daerah Bayang Aia tersebut.

Walaupun pelaksanaan KKN hanya sebulan, namun ia berharap agar program pengembangan wisata ini tetap berjalan.

“Baiknya kita saling bersinergi bersama untuk membangun kampung yang menjadi tujuan utama kami sebagai perangkat pemerintahan juga sebagai anak nagari,” ujar Dedi Rahmadani.

Kekayaan alam yang dimiliki Nagari Pauah memang bisa menjamin kepuasan mata dan hati sebagai penyejuk diri. Mahasiswa KKN yang telah mengikuti survei pun turut memberikan apresiasi dan dukungan terhadap pembangunan wisata Bayang Aia agar lebih terkenal.

Fadel Fahreza, selaku Ketua Mahasiswa KKN Universitas Andalas di Nagari Pauah 2022, mengatakan, bahwa perlu pengkajian dan pengembangan infrastruktur yang dapat diwujudkan bersama.

“Wisata Bayang Aia ini merupakan objek wisata yang potensial, sehingga kita semua harus berbenah dan bersinergi untuk mengembangkannya secara kontunuitas” ungkap Fahreza.

Destinasi wisata Bayang Aia memiliki air terjun yang sangat indah, yaitu Aia Tajun Murai Tinggi, yang saat ini Hits dikalangan anak muda dan wajib dikunjungi.

(Fara Salsabila)