Pengobatan Gratis Panitia Bulan K3 Nasional Provinsi Riau Dilaksanakan Hingga Pelosok Desa

1,000 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Riau (Centangbiru) – Dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang sehat, Panitia Bulan K3 Nasional Provinsi Riau mengadakan pengobatan gratis di Desa Kualu, Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, Riau.

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, yang diwakili Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Riau, Ir.Rival Lino,ST.,MT, Ketua Panitia Pelaksana Bulan K3 Nasional Provinsi Riau Zakir Ali, Wakil Ketua Panitia Ir. Ulul Azmi,ST.,IPP, Koordinator Pelaksana, Bayu, Kepala Desa Kualu, Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, yang diwakili Sekretaris Desa Zamzamir, Team Medis Dari Rumah Sakit Santa Maria sebanyak 9 Orang, Kepala Pustu dan Pengurus Pustu Desa Kualu beserta kader Posbindu penyakit tidak menular Desa Kualu.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Desa Kualu, Tambang, Kabupaten Kampar, dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB, Sabtu (25/02/2023).

Zakir Ali Ketua Panitia Bulan K3 Nasional Provinsi Riau Ke 53 Tahun menyampaikan, bahwa kegiatan ini sudah mencapai 87 peserta dengan target peserta pengobatan gratis 150 orang.

“Agenda ini merupakan rutinitas yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian kita sebagai insan keselamatan dan kesehatan kerja, apabila manusianya sehat tentu nantinya akan lahir para tenaga kerja yang juga sehat. Kami mewakili panitia berterimakasih atas partisipasinya kepada panitia bidang pengobatan gratis Desa Kualu, Pustu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau serta RS Santa Maria,” ujar Zakir Ali.

Pada kesempatan itu, Zamzamir selaku perwakilan Sekretaris Desa Kualu juga menyampaikan rasa terima kasih kepada panitia yang sudah melaksanakan kegiatan positif ini.

“Harapan kami dengan ada pengobatan gratis ini, bisa meringankan beban masyarakat desa Kualu, serta apresiasi kepada RS Santa Maria yang sudah mensupport tenaga medisnya untuk lancarnya kegiatan kita ini, ini sangat bermanfaat bagi kami masyarakat Kualu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Dan, kepada panitia pelaksana serta kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau yang diwakili Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Riau yang berkenan hadir langsung ke lokasi acara untuk meninjau kegiatan pengobatan ini,” ungkap Zamzamir.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, melalui Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan, Ir. Rival Lino,ST.,MT mengatakan, bahwa kegiatan dalam rangka Bulan K3 Nasional sudah dijalankan dengan rentetan kegiatan donor darah yang sudah dilaskanakan di RS. Prima, dengan total darah yang terkumpul lebih kurang 120 kantong.

“Rentetan Kegiatannya, antara lain; upacara peringatan Bulan K3 nasional yang dihadiri langsung oleh pejabat Kementerian Ketenagakerjaan RI yang dipusatkan di Kawasan Indsutri Dumai (KID), yang diikuti oleh 500 Orang peserta, dari utusan perusahaan serta hari ini (25/02) kegiatan pengobatan gratis di Desa Kualu, Tambang, Kabupaten Kampar. Kami dari Dinas Tenagakerja Riau sangat berterimakasih kepada Kades Kualu beserta jajaran yang sudah mendukung kegiatan ini dengan baik. Dan, kepada Panitia Bulan K3 Nasional yang tanpa lelah sudah menyiapkan acara ini dengan sebaik mungkin, mengorbankan tenaga, pikiran. Harapan kita untuk tetap semangat menyongsong event selanjutnya dalam semarak Bulan K3 Nasional Seperti Cepat Tepat, Seminar K3, Lomba Video dan Yelyel serta malam puncak K3 atau Awards K3,” terang Rival Lino.

Rival Lino juga mengajak para hadirin, untuk menundukkan kepala dengan membacakan doa kepada para pahlawan buruh yang berjumlah 3 orang saat mengalami kecelakaan kerja pada hari jum’at lalu (24/02/2023), sekitar Pukul 17.00 WIB. Yang merupakan salahsatu kontraktor di Pertamina Hulu Rokan, tepatnya area fasiliti di Bangko Rokan Hilir.

“Ini menjadi duka yang mendalam bagi kita semua, dan menambah data jumlah fatality di Provinsi Riau. Kami berharap kepada semua Perusahaan, insan K3 dan seluruh pekerja untuk selalu mengingat rule dan juga tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja. Lebih baik kita terlambat dalam mengerjakan sebuah pekerjaan 5 atau 10 menit, daripada kita kehilangan nyawa dalam waktu 5 sampai 10 menit. Kami selaku Pemprov Riau atas nama Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Riau mengucapkan rasa bela sungkawa yang mendalam dan sudahi penambahan angka fatality di Riau ini, tentunya dengan sinergi kita bersama untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja ataupun penyakit Akibat kerja,” tegas Rival Lino.

Selanjutnya, Wakil Ketua pelaksana kegiatan, yang juga merupakan Ketua Forum Insinyur Muda PII Wilayah Riau, Ir. Ulul Azmi,ST.,IPP juga menyampaikan, bahwa kegiatan pengobatan gratis sudah selesai pada Pukul 12.00 WIB dengan jumlah peserta pengobatan terakhir sesuai data adalah 127 orang.

“Kami sangat berharap kepada semua peserta atau pasien yang sudah berobat, dapat diberikan kesembuhan oleh Tuhan YME Allah SWT, Amiinn,” ujar Ulul Azmi, yang merupakan pemuda asli Pasaman, Sumatera Barat.

(UA)