Perkuat Fungsi Pengawasan, Bawaslu Pasaman Gelar Sosialisasi Perbawaslu Pada Tahapan Pemilu 2024

1,890 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Guna peningkatan SDM dan pembinaan serta penguatan fungsi pengawasan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasaman gelar agenda sosialisasi Peraturan Bawaslu pada tahapan Pemilu 2024 bagi Panwascam se-Kabupaten Pasaman.

Acara sosialisasi ini dilangsungkan di Aula Emir Hotel Lubuk Sikaping, Minggu (7/05).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Pasaman Rini Juita MA menekankan pentingnya sosialisasi ini dilakukan guna peningkatan pemahaman akan regulasi Perbawaslu bagi Panwascam se-Pasaman.

“Peraturan Bawaslu merupakan pedoman Bawaslu dalam meyelenggarakan tugas dan wewenang dalam setiap tahapan Pemilu. Maka dari itu, sosialisasi ini tentu sangat penting dilaksanakan, dengan memahami regulasi yang ada di Peraturan Bawaslu saat ini untuk memperkuat fungsi pengawasan dalam koridor tugas dan wewenang dalam mengawasi setiap tahapan Pemilu 2024,” ungkap Rini Juita.

Sementara, kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Nurhaida Yetti, MH juga menegaskan, bahwa pengawasan dalam setiap tahapan Pemilu 2024 harus dilaksanakan dengan maksimal, dengan pemahaman regulasi Perbawaslu dengan baik.

“Pada saat ini, sudah memasuki ke tahapan yang sangat krusial, yakni tahapan data pemilih dan pencalonan. Peran Bawaslu sangatlah penting, guna melakukan pengawasan akan setiap tahapan Pemilu 2024. Segala personil yang ada di Bawaslu harus dioptimalkan, Bawaslu harus fokus kepada pencegahan daripada penindakan. Maka dari itu, sosialisasi peraturan Bawaslu harus senantiasa dilaksanakan agar setiap lapisan masyarakat dan peserta Pemilu memahami dengan baik akan aturan kepemiluan dan batas-batas yang dibolehkan dalam setiap tahapan,” ungkap Nurhaida Yetti.

Pemateri dalam agenda tersebut, dari Bawaslu Sumbar Nurhaida Yetti dan Monika serta dari Bawaslu Pasaman, Rini Juita dan Mesrawati.

Sosialisasi Perbawaslu oleh Bawaslu Pasaman ini, dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Pasaman, Ketua dan Anggota Panwascam se-Pasaman, Sekretariat Bawaslu Pasaman dan sejumlah awak media.

(Unc)