Bersama Panwascam, Bawaslu Pasaman Gelar Rapat Pengawasan Penetapan Hasil Pemilu 2024
Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita

1,550 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Bawaslu Kabupaten Pasaman menggelar rapat pengawasan penetapan hasil pemilu kepada Ketua dan Anggota Panwascam se-Pasaman, dengan tema ‘Evaluasi Pengawasan Pemilu Dan Langkah-Langkah Strategis pada Tahapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kecamatan dan Kabupaten Menuju Penetapan Hasil Pemilu’.

Rapat evaluasi ini digelar di Aula Emir Hotel Lubuk Sikaping, Kamis (28/03/2024).

Kegiatan dibuka langsung Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita didampingi Korsek Al Ikhwan dan serta Staf Sekretariat Bawaslu Pasaman.

Ketua Bawaslu Pasaman Rini Juita menegaskan, selaku pengawas pemilu harus memahami cara penghitungan penetapan hasil dan mengetahui proses hukum pasca penetapan hasil. Ia juga berharap kepada Panwascam yang akan berakhir untuk masa kerja pada Pemilu 2024 dapat berlanjut di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, tentunya dengan peningkatan etos kerja dan integritas diri.

Rini juga menyampaikan, bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemkab Pasaman dan stake holder terkait dan setiap tingkatan penyelenggara yang telah bekerja maksimal untuk suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Meskipun hasil pemilu sudah ditetapkan KPU, ada beberapa hal penting yang harus dibahas untuk menyongsong Pilkada 2024. Terkait upaya pencegahan pelanggaran dan pengawasan maksimal di setiap tahapan pemilu, Bawaslu Pasaman sudah melakukan kinerja yang sangat luar biasa, tapi tentunya ada hal yang ditingkatkan dalam pengawasan tahapan Pilkada 2024,” ujar Rini Juita.

Dalam paparannya, Rini Juita mengatakan, bahwa untuk meningkatkan kinerja pengawas dalam Pemilu atau Pemilihan kedepannya, para pengawas harus melakukan kolaborasi dengan semua pihak dan meningkatkan pengawasan partisipatif.

Narasumber dalam giat ini, adalah pemerhati Pemilu dan praktisi hukum Rony Saputra, SH MH dan Fauzan Azhim, SH, MH, setelahnya materi juga disampaikan oleh Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita dan Kordiv Data KPU Pasaman, Sulastri.

Hadir dalam rapat tersebut, Kasdim 0305/Pasaman, Kasi Pidum Kejaksaan, Wakapolres, Kaban Kesbangpol, Kadisdukcapil, Ketua KPU Pasaman yang diwakili Kordiv Data, Sulastri. Ketua dan anggota Panwascam se-Pasaman, Staf Sekretariat Divisi SDM Panwascam se-Pasaman serta sejumlah media.

(Unc)