Rahmat Saleh Nasution Resmi Bergelar Mangaraja Pinayungan Alamsyah

4,070 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Pasaman (Centangbiru) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Rahmat Saleh Nasution menerima Panobalan Goar (Pengukuhan Gelar) dikukuhkan sebagai Mangaraja Pinayungan Alamsyah di Kampung Bangun Sejati, Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman, Minggu (17/11/2019).

Prosesi pengukuhan gelar untuk Rahmat Saleh Nasution berlangsung dari sabtu malam (16/11) dan berjalan dengan hikmad, masyarakat Nagari Panti dan Pasaman pada umumnya terlihat ramai melihat prosesi adat ini dengan rasa haru dan gembira. Setiap tahapan prosesi adat ini dijalankan Rahmat Saleh dengan lancar dan baik.


“Alhamdulillah, saya sungguh terharu dan bangga dengan gelar ini. Sungguh luar biasa, jujur saja ini merupakan anugerah Allah SWT yang wajib saya syukuri dan tiada pernah saya sangka dan duga dalam perjalanan hidup ini. Terima kasih kepada semua pihak yang membantu akan terselenggaranya kegiatan panobalan goar ini,” ujar Rahmat Saleh dengan mata berkaca-kaca.

Kehidmatan acara di tambah dengan kehadiran Walikota Padang, Mahyeldi, Dani Ismaya Dt.Sandaran Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasaman, Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Barat, anggota DPRD Provinsi Sumbar Sabar AS, unsur Ninik Mamak, Rajo Kuamang, Rajo Sontang.

Selain itu tampak juga hadir Ketua dan pengurus Partai PKS Kabupaten Pasaman, Anggota DPRD Kabupaten Pasaman Maradongan (PDI), Nelfi Aspandi PKS, dan Ketua PDK 57 Kosgoro Kabupaten Pasaman M.Mardinal serta para masyarakat Panti dan Masyarakat Pasaman.

Pada sesi Panobalan gelar adat kepada Rahmat Saleh Nasution, Rajo Kuamang menyampaikan agar dapat menjadi panutan pada suku Nasution.

Datuak Rajo Kuamang berharap seluruh masyarakat kenagarian Panti bisa bersinergi dengan H. Rahmat Saleh Nasution Mangaraja Pinayungan Alamsyah dalam membangun masyarakat yang beradat, berbudaya serta beragama di kenagarian Panti.

“Dengan dikukuhkannya gelar H. Rahmat Saleh Nasution Mangaraja Pinayungan Alamsyah, sebagai Mangaraja Marga Nasution di Kampung Bangun Sejati dan Cahaya Baru, maka beliau adalah cucu kemenakan kami, dan kami adalah datuak dan pucuk adatnya, dan kita berharap bisa bersama sama dalam membangun kenagarian Panti yang beradat, budaya dan agama,” ujar Datuk Rajo Kuamang.

Pada kesempatan ini Rajo Sontang juga hadir dan mengikuti semua proses “panobalan goar”. Dalam sambutannya Rajo Sontang menyampaikan sejarah, silsilah, dan hubungan marga Nasution dengan kerajaan Pagaruyung.

Sementara itu, anggota DPRD Pasaman M. Maradongan ketika dikonfirmasi mengaku bersyukur dan berbangga dengan prosesi adat ini.

“Saya bersama keluarga besar marga Nasution di Kecamatan Panti, khususnya Bangun Sejati dan Cahaya Baru mengucapkan selamat atas pengukuhan gelar adat Mangaraja Pinayungan Alamsyah kepada abanganda Rahmat Saleh,” ujar Maradongan.

Maradongan juga mengaku sangat bahagia bercampur bangga atas pengukuhan gelar pusaka adat kali ini.

“Saya sangat bangga dengan dikukuhkannya gelar adat Abanganda Rahmat Saleh Nasution, kami berharap dengan telah ditinggikannya seranting dan di dahulukan selangkah, Mangaraja Pinayungan Alamsyah bisa membangkitkan semangat anak kemenakan, dalam meningkatan kualitas agama dan budaya di Nagari Panti,” ungkapnya.

Maradongan juga menceritakan marga Nasution yang melekat di Rahmad Saleh sekarang, merupakan rumpun yang sama dengan keluarga besar ayahnya Alm. H. Arjun Nasution.

Acara prosesi gelar adat ini di iringi dengan Seni budaya musik Tor tor dan Gondang sembilan persembahan dari group asal Madina.

(Unc)