Pilwana Serentak Di Pasaman Berjalan Sukses dan Lancar

2,798 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Pasaman (Centangbiru) – Sebahagian besar warga Kabupaten Pasaman yang sudah ditetapkan menjadi pemilih ikut berpartisipasi dalam alek Pemilihan Wali Nagari (Pilwana), pada hari Minggu (9/8).

Masyarakat yang mempunyai hak pilih datang berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna memberikan hak suaranya pada pilwana serentak tahun 2020 ini.

“Warga yang sudah berhak memilih tampak sangat antusias memberikan hak suara mereka, sesuai dengan jadwal dan TPS yang sudah ditentukan,” ujar Indra Bandaro Basa selaku Kepala Jorong Pauah Nagari Pauah Lubuk Sikaping kepada Centangbiru, (9/8).

Sebagaimana diketahui, pemungutan suara telah dilakukan secara serentak pada 24 dari 37 nagari se-Pasaman yang tahun ini menyelenggarakan pilwana serentak.

Sementara, Ketua Pilwana Nagari Pauah Yosandha Hariawan menyampaikan, bahwa Pilwana serentak yang digelar di Nagari Pauah Kecamatan Lubuk Sikaping berjalan lancar, sukses dan damai.

“Mari kita jadikan pilwana serentak ini sebagai proses demokrasi guna menciptakan pemerintahan nagari yang demokratis. Alhamdulillah, apa yang menjadi harapan bersama untuk menjadikan pilwana yang badunsanak sukses damai tenteram dapat terwujud,” ujar Yosandha.

24 nagari di Pasaman melaksanakan pilwana serentak tersebut, adalah Nagari Malampah, Ladang Panjang, Binjai di Kecamatan Tigo Nagari. Nagari Simpang, Alahan Mati di Kecamatan Simpati. Nagari Koto Kaciak, Limo Koto, Ganggo Hilia, Ganggo Mudiak di Kecamatan Bonjol. Nagari Pauah, Jambak, Durian Tinggi, Aia Manggih di Kecamatan Lubuk Sikaping. Nagari Cubadak, Simpang Tonang di Kecamatan Duo Koto. Nagari Lansek Kadok, Lubuak Layang di Kecamatan Rao Selatan. Nagari Padang Metinggi di Kecamatan Rao. Nagari Languang, Koto Rajo di Kecamatan Rao Utara. Nagari Lubuak Gadang, Muaro Tais Kecamatan Mapat Tunggul. Nagari Silayang, Muaro Sungai Lolo di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan.

Pantauan Centangbiru, proses penyelenggaraan pilwana serentak tahun 2020 ini sangat sukses dan lancar.

Pemungutan suara dimulai dari pukul 07.00 WIB di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pemungutan suara berakhir pukul 13.00 WIB.

Malamnya, sekira jam 20.00 WIB, digelar rekapitulasi penghitungan suara pada tingkat nagari di kantor wali nagari masing-masing.

“Luar biasa Pilwana tahun ini, di TPS kami partisipasi pemilih pun lumayan bagus. Dari DPT sebanyak 185 orang, warga yang datang memilih sebanyak 133 orang,” ungkap Risdianto selaku Ketua KPPS pada TPS 21 Albariu Nagari Pauah.

(Unc)