THP Unand Beri Penyuluhan Strategi Marketing Produk Bagi UMKM Lembah Gumanti Solok dan Santri Pesantren Dr M Natsir Alahan Panjang
Penyampaian materi oleh narasumber bagi para pelaku UMKM dan santri pesantren M natsir di Alahan Panjang

290 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Alahan Panjang (Centangbiru)- Marketing merupakan ujung tombak dari suatu kegiatan usaha, banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat berkreasi menghasilkan suatu produk yang dapat dijual dan diharapkan dapat menghasilkan income yang besar.

Untuk itu, diperlukan suatu kegiatan pemasaran atau marketing agar produk dapat terjual. Secara prakteknya, melakukan penjualan tidaklah semudah yang dibayangkan, banyak kendala yang dapat dihadapi oleh pelaku UMKM seperti kualitas produk yang tidak konsisten, produk yang tidak dikenal konsumen, penjualan hanya bagus di tahap-tahap awal saja, keadaan pandemi dan lain-lain.

“Terlebih lagi bagi pelaku UMKM pemula, adanya permasalahan dalam pemasaran ini dapat mempengaruhi semangat dalam meneruskan kegiatan wirausaha yang sedang dirintis,” ujar Wellyalina, STP. MP selaku dosen THP Unand, Selasa (12/10).

Oleh karena itu, tambah Wellyalina, pelaku UMKM sangat perlu mendapatkan pengetahuan dan pembekalan tentang kegiatan strategi pemasaran atau marketing yang baik dan benar.

Jurusan teknologi Hasil Pertanian Universitas Andalas (THP Unand) merupakan salah satu unit pengajaran yang salah satu fokus dari output yang harus di capainya adalah menghasilkan para usahawan muda. Lulusan Jurusan THP unand diharapkan dapat menjadi pelaku-pelaku usaha yang dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.

“Oleh karena itu, salah satu materi pembalajaran yang diberikan kepada mahasiswa Jurusan THP unand adalah berkaitan dengan strategi pemasaran oleh pelaku UMKM. Materi ini tidak hanya diberikan kepada mahasiswa yang mengenyam Pendidikan di Unand, tetapi juga masyarakat yang menjadi pelaku UMKM yang berada di bawah binaan Jurusan THP Unand,” ungkap Wellyalina.

Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Jurusan THP Unand melakukan kegiatan penyuluhan tentang strategi pemasaran bagi pelaku UMKM di Kecamatan Lembah Gumanti, Solok.

Sejak awal tahun 2021, Jurusan THP Unand telah menjalin kerja sama dengan beberapa pelaku UMKM yang berada di sekitar Pesantren Dr. M Natsir Alahan Panjang, yang berada di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Pelaku UMKM yang menjadi mitra Jurusan THP Unand, merupakan pelaku UMKM yang bergerak di bidang pengolahan produk pangan. Bersamaan dengan kondisi pandemic Covid-19 saat ini, banyak proses penjualan yang mengalami permasalahan termasuk penjualan dari pelaku UMKM di daerah kecamatan Lembah Gumanti.

Jurusan THP Unand melakukan penyuluhan tentang strategi pemasaran kepada anggota UMKM dan juga para santri pondok pesantren Dr.  M Natsir Alahan Panjang, Sabtu, (9/10).

Kegiatan ini diketuai oleh ketua Jurusan THP, Dr. Rini MP dan materi disampaikan oleh Purnama Dini Hari STP., M.Sc.

Kegiatan ini diikuti oleh segenap dosen jurusan THP unand dan juga mahasiswa jurusan THP tingkat akhir.

Kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dari pelakuk UMKM dan para santri. Topik yang sangat menarik adalah topik tentang digital marketing.

Pembuatan promo dan online marketing menjadi hal yang sangat diminati peserta karena merupakan kondisi halangan yang real terjadi di saat era pademi saat ini. Proses penyuluhan  dilakukan selama dua jam dengan memaparkan teori-teori dasar tentang digital marketing.

Diharapkan untuk program PKM selanjutnya, dapat dilakukan simulasi yang dapat menjadi ajang praktek bagi pelaku UMKM untuk lebih memahami tentang digital marketing ini.

Menurut Wellyalina STP, MP, program PKM ini akan dilakukan secara periodik karena pelaku UMKM di sekitar wilayah Lembah Gumanti merupakan mitra binaan yang harus didampaingi secara terus menerus untuk kemajuan bersama.

(Unc)