Ayo, Indonesia Bisa!! Ganyang Malaysia
Timnas Indonesia (IG@garudarevolution.ina)

965 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Centangbiru – Tim Nasional Indonesia akan menjalani pertandingan krusial menghadapi sang negara tetangga ‘Konco Arek Lawan Kareh’, Malaysia di partai terakhir Grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021) malam nanti.

Laga seru dengan penuh api membara ini akan dihelat pada pukul 19.29 malam ini (19/12). Dan, disiarkan secara Live di RCTI, Inews maupun layanan livestreaming.

Pertarungan ini bisa dibilang merupakan duel hidup mati. Indonesia dan Malaysia tidak boleh kalah jika masih ingin lolos ke babak semifinal. Di sisi lain, tim Harimau Malaya wajib menang jika masih ingin melaju ke semifinal.

Jelang laga ini, Indonesia agak sedikit di atas angin. Evan Dimas Darmono dan kolega, untuk sementara memimpin klasemen Grup B dengan tujuh poin.

Sementara Malaysia ada di posisi ketiga klasemen sementara. Tim berjuluk Harimau Malaya itu tertinggal satu poin dari Indonesia. Untuk bisa lolos ke semifinal, Indonesia hanya perlu hasil imbang saja.

Di sisi lain, Malaysia wajib meraih kemenangan. Itupun kemungkinan besar hanya akan menempatkan Malaysia di urutan kedua. Dengan asumsi Vietnam menang atas Kamboja di laga yang bakal digelar bersamaan.

Berikut adalah tiga kelemahan Malaysia yang bisa dimanfaatkan Indonesia di laga nanti, apa saja?

Kondisi Mental
Malaysia mengawali dua laga di babak fase grup Piala AFF 2020 dengan sempurna. Mereka menang 3-1 atas Kamboja dan 4-0 atas Laos. Namun, menghadapi Vietnam permainan Safawi Rashid dan kolega justru memburuk. Di laga itu, Malaysia kalah dengan skor telak 0-3. Kekalahan itu sedikit banyak tentu mempengaruhi kondisi mental para pemain Malaysia. Apalagi setelah melawan Vietnam, mereka harus menghadapi rival abadi, Indonesia.

Indonesia sendiri meraih hasil cukup baik saat jumpa Vietnam. Di laga itu pasukan Shin Tae-yong bisa menahan imbang tim asuhan Park Hang-seo dengan skor 0-0.

Direcoki Covid-19
Empat pemain Malaysia yakni Khairulazhan Khalid, Faisal Halim, Quentin Cheng, dan Akhyar Rashid sempat terpapar Covid-19 selama berlaga di Piala AFF 2020. Keempatnya baru saja menyelesaikan masa karantina. Bahkan, Akhyar baru menyelesaikan masa karantina pada Sabtu (18/12/2021). Mereka bisa ikut berlatih lagi dan kemungkinan besar juga bisa dimainkan saat jumpa Indonesia di hari Minggu.

Kembalinya keempat pemain itu tentu jadi kabar baik bagi Malaysia. Namun, kesiapan keempatnya juga diragukan. Selama menjalani karantina, mereka hanya menetap di lokasi karantina dan tidak menjalani latihan di lapangan.

Hal itu mungkin akan sedikit mengganggu persiapan Malaysia. Pelatih Tan Cheng-Hoe harus menyiapkan opsi lain menyikapi hal itu.

Lini Pertahanan Lemah Kayak Kerupuk
Di Piala AFF musim ini, Malaysia melakukan pemanggilan terhadap beberapa pemain senior. Salah satunya kiper senior, Khairul Fahmi Che Mat. Ia bahkan menyandang status sebagai kiper utama Malaysia di ajang itu. Namun, gawang Fahmi di Piala AFF 2020 sudah kebobolan empat kali. Hanya Kamboja (7 kali) dan Laos (14) kali yang punya rekor lebih buruk.

Tentu banyaknya gol yang bersarang di gawang Malaysia itu bukan salah Fahmi seorang. Memang ada celah di lini belakang Malaysia yang bisa dimanfaatkan oleh lawan-lawannya di Piala AFF 2020, termasuk oleh Indonesia.

Prediksi
Indonesia 5 vs Malaysia 1

(Bola/Unc)