Kurangi Antrian Panjang, RSUD Lubuk Sikaping Buka Pendaftaran Berobat Via WA
Dirut RSUD Lubuk Sikaping, dr. Yong Marzuhaili

5,161 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping terus berbenah dan berinovasi, guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Awal tahun 2022 ini, rumah sakit plat merah milik Pemkab Pasaman tersebut, membuat gebrakan baru dengan membuka layanan pasien melalui Si Pendawa (sistem pendaftaran lewat WA).

Direktur RSUD Lubuk Sikaping, dr. Yong Marzuhaili mengatakan, bahwa layanan melalui via Whatsapp (WA) secara resmi akan diberlakukan mulai Senin (17/1/2022) nanti.

“Layanan via WA untuk memaksimalkan pelayanan bagi pasien baru (rujukan baru) dan pasien control. Sehingga pasien tidak lagi jenuh menunggu antrian di rumah sakit,” ujar dr. Yong kepada Centangbiru, Jumat (14/1).

Seperti diketahui, antrian yang panjang dan lama adalah salah satu masalah dalam pendaftaran di rumah sakit selama ini.

“Hal ini tentunya akan membuat Pasien tidak nyaman, apalagi jika mendapatkan nomor antrian belakang,” jelasnya.

Dengan mendaftar via WA, pasien akan menerima layanan proses antrian pendaftaran lebih awal daripada pendaftar manual yang langsung datang ke RSUD.

Hal tersebut untuk memotivasi masyarakat agar beralih melakukan pendaftaran via WA jika ingin mengakses layanan medis di RSUD Lubuk Sikaping.

“Syarat untuk bisa melakukan pendaftaran via WA ini adalah pelayanan bagi pasien baru (rujukan baru) dan pasien kontrol,” ungkap dr. Yong.

Ia juga menjelaskan, nomor yang digunakan untuk layanan pendaftaran pasien melalui via WA, adalah 082252768687.

Alur pendaftar online pasien rawat jalan di RSUD Lubuk Sikaping, pertama ketik DAFTAR, selanjutnya pasien mengisi format dan mengirimkan foto/scan KTP, KK, kartu BPJS, rujukan asli/resume.

“Usai mengisi format, pasien akan mendapatkan balasan WA dari operator. Setelah mendapatkan balasan, kemudian pasien kembali mendaftar ulang ke poli tujuan dan menyerahkan foto copy KTP, KK, kartu BPJS, rujukan asli/resume. Selanjutnya pasien langsung menunggu di poli tujuan,” bebernya.

Pendaftaran dilakukan sehari sebelum (H-1) sebelum tanggal berobat. Sistem pendaftaran dibuka pada pukul 08.00-14.00 WIB.

Selain melalui pendaftaran sistem pendaftaran lewat WA, pihak RSUD juga masih melakukan pendaftaran secara manual seperti hari biasanya.

Yong Marzuhaili berharap, dengan sistem pendaftaran online melalui via Whatsapp tersebut, pasien dapat lebih nyaman dan tentunya dapat mencegah timbulnya kerumunan saat mengantri di saat pandemi.

(Unc)