Fenomena Lurah Barangin-Pasaman, Dari Horor Kini Menjadi Ladang Uang
Truk menanjak di Lurah Barangin/photo-Afrinaldi

6,681 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Pada masa 90-an ke bawah, terlintas nama Lurah Barangin membuat segenap masyarakat di Pasaman mengalami Phobia ketakutan mendalam. Tak ayal, hal ini disebabkan daerah tersebut memiliki magis horor alias angker nan membuat merinding.

Banyak cerita yang didengar, bahwa para pengguna lalulintas di tempat tersebut banyak melihat makhluk halus bak acara Uka-Uka televisi. Sejenis Kuntilanak, Nenek Kabayan, Cindel Bolong dan jenis Hantu lainnya, sering menampakkan wujud seram di Lurah Barangin.

“Pernah suatu ketika, pada saat saya melintas malam hari kisaran jam 12-an di Lurah Barangin, saya melihat sosok Kuntilanak. Ini membuat saya shock, anehnya dia meminta truck saya berhenti dan seolah-olah minta tumpangan. Ini tentu merinding dan saya cepat-cepat berlalu dari Lurah Barangin,” ungkap Ucok Riki, salah seorang sopir Truck Jakarta-Medan menceritakan kisah horornya.

Namun dalam dua tahun belakangan, area jalur lintas Extreme Lurah Barangin Kabupaten Pasaman yang biasanya selalu sunyi, sekarang sudah terlihat ramai dan heboh oleh aktivitas para Youtuber.

Lintas yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengn Provinsi Sumatera Utara ini memang selalu dilewati oleh Bus dan Truck dengan trayek yang jauh dan panjang, moment inilah yang selalu di abadikan oleh para Youtuber Pasaman, aksi manuver para sopir selalu menjadi bahan menarik untuk ditayangkan di Channel Youtube mereka masing-masing.

Afrinaldi, salah seorang Youtuber yang selalu nongkrong di kawasan Lurah Barangin mengatakan, bahwa membuat konten di kawasan Lintas Extreme Lurah Barangin bisa melonjakkan viewer atau menaikkan jam tayangnya secara drastis, dibanding di tempat yang lain di kawasan Lubuk Sikaping atau Pasaman.

“Kalau saya ngonten disini, banyak moment mencekam atau manuver brilliant dari para sopir yang sering saya dapatkan, ini bisa melonjakkan jam tayang pada Channel Youtube saya, apalagi di saat ada Truck yang mengalami kerusakan di kawasan ini,” ujar Afrinaldi kepada Centangbiru, (27/1).

Ia juga mengatakan, membuat konten di Lurah Barangin juga banyak suka dan dukanya, tidak semua orang yang selalu berpandangan baik dengan kegiatannya dan kolega di Lurah Barangin.

“Ngonten di Lurah Berangin ini tidak semua orang yang suka, ada juga yang bilang kami orang gila yang tidak punya kegiatan bermanfaat disini, tapi ada juga yang berterimakasih dengan kehadiran kawan-kawan Youtuber disini,” terang Afrinaldi.

Youtuber lainnya, Fauzan juga mengatakan kalau jalur di Lurah Barangin sangatlah extrim, apalagi saat hujan lebat dan sangat rawan pohon tumbang maupun longsor.

“Bagi pengendara diharapkan jika melintas di sini supaya berhati-hati, karena jalur ini sangat rawan kecelakaan dan juga rawan pohon tumbang dan longsor,” kata Fauzan.

(Unc/malinsatichannel)