Ciptakan Generasi Cinta Al-Quran, MDTA Al Hidayah Lubuak Baiak Nagari Jambak Gelar Khatam Ke-XVII
Sekretaris MDTA Al Hidayah Lubuak Baiak, Yorbalinda, SH serahkan piala juara Khatam ke-XVII

1,996 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Dalam rangka memberi pendidikan serta pembinaan agama sejak usia dini, sebanyak 18 santri MDTA Al Hidayah Lubuak Baiak, Jorong Induak Gadang Nagari Jambak, Kecamatan Lubuk Sikaping, Pasaman, mengikuti Khatam Al Qur’an ke XVII.

Kegiatan tersebut digelar di Mushalla Al Ikhlas, Lubuak Baiak, Nagari Jambak, Lubuk Sikaping, Minggu (29/5/2022).

Widya Layli, S.Pd, selaku Kepala MDTA Al Hidayah mengatakan, bahwa dengan agenda khatam Al Qur’an ini, diharapkan dapat tercipta generasi muda yang mempunyai fundamental kuat iman dan taqwanya.

“Insya Allah, dekat dengan Al Qur’an, mengilhami karakter Al Quran akan membawa kenyamanan hidup di dunia maupun akhirat kelak. Sehingga terciptalah keseimbangan antar ilmu pengetahuan dan teknologi dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” kata Widya Layli dalam sambutannya.

Ia juga menjelaskan, kegiatan ini digelar agar anak-anak memiliki karakter yang kuat dalam agama. Tugas orang tua dan kita semua yang akan membimbing mereka.

“Tugas utama kita adalah mendekatkan anak-anak dengan Al Qur’an, sehingga kelak mereka akan menjadi generasi yang Qur’ani,” terang Widya.

Jangan sampai berhenti di Khatam Qur’an saja, tambah Widya Layli, sedapatnya kalau anak-anak sudah tidak di MDA, usahakan di rumah orang tua siap untuk mengajarkan anaknya.

Sementara, Sekretaris Pengurus MDTA Al Hidayah, Yorbalinda, SH menyampaikan, khatam Al Qur’an ini merupakan yang ke-17 dan MDTA Al Hidayah adalah MDTA pertama yang ada di Nagari Jambak, dan telah berdiri sejak 21 tahun yang lalu.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat mewujudkan generasi muda yang Qur’ani, bertaqwa kepada Allah SWT, serta ilmu yang diraih anak-anak dapat diamalkan nantinya,” kata Yorbalinda.

Ia juga menuturkan, di tahun ajaran 2022 ini, MDTA Al Hidayah Lubuak Baiak memiliki 108 santri dengan tenaga pendidik berjumlah 6 orang. Dalam kegiatan belajar mengajar di MDTA Al Hidayah masih banyak kendala yang dihadapi. Antara lain, belum adanya ruang belajar yang memenuhi syarat dengan standar yang ada, serta masih minimnya pembiayaan untuk operasional.

Dari 18 santri yang mengikuti Khatam Al Quran, dengan rincian 7 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Sebelumnya, para santri diarak dengan jalan kaki mengelilingi Nagari Jambak.

Dalam agenda Khatam Al Quran ke-XVII MDTA Al Hidayah tersebut, juara I putra diraih Abdul Khalik, peringkat II Afdhal Adly dan juara III diraih Dafi Arrahman. Sementara, juara I putri diraih Aisya Maulida Nazhifa, peringkat II Nada Savaira dan juara III diraih Salwa Aureliya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wali Nagari Jambak Teguh Setia yang diwakili Sekna, Ketua Bamus, Ketua KAN, Kepala Jorong Induak Gadang, Niniak Mamak, Ketua FKPT Lubuk Sikaping, Pengurus Mushalla Nurul Ikhlas, Pengurus MDTA se-Nagari Jambak serta para orangtua murid MDTA Al Hidayah Lubuak Baiak.

(Unc)