Lestarikan Kearifan Lokal Dan Jaga Lingkungan, Benny Utama Lepas Ribuan Bibit Ikan Di Batang Anang Kubang Kaluai
Bupati Pasaman, Benny Utama bersama warga Kaluai, Nagari Tanjuang Baringin

1,219 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Dalam Rangka melestarikan kearifan lokal dan menjaga kebersihan sungai, Bupati Pasaman, Benny Utama melepas ribuan bibit ikan di Lubuk larangan Batang Anang Kampung Kubang, Jorong Dua Nagari Tanjuang Baringin, Lubuk Sikaping, Minggu (12/6/2022).

Saat pelepasan bibit ikan ke lubuak larangan tersebut, turut disaksikan oleh Sekretaris Daerah, Mara Ondak, Kepala Dinas BKPSDM, Teddy Martha, serta Wali Nagari Tanjuang Baringin, Jafri dan Ketua Bamus Nagari Tanjuang Baringin, Didia Dharma, Babinkamtibmas, Yandra, Kepala Jorong Satu Andomi Roza dan Kepala Jorong Tiga Tanjuang Baringin, Eriyanto, Niniak Mamak serta masyarakat Kubang Kaluai, Tanjuang Baringin.

Seraya menikmati kopi dan gorengan hangat ala Anto Cino Kaluai, Benny Utama mengharapkan segenap lapisan masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan dan saling hidup rukun. Benny juga berharap, kepada para niniak mamak dan wali nagari untuk berperan aktif dalam setiap sendi kehidupan bermasyarakat. Menurutnya, saat ini begitu banyak warga yang ada masalah kecil saja dibesar-besarkan, dan main langsung saja ke kantor polisi tanpa melibatkan peran niniak mamak dan wali nagari.

Sementara, terkait agenda tabur bibit ikan itu, Benny menjelaskan, bahwa aksi ini bertujuan agar warga lebih maksimal dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Dengan adanya pelepasan benih ikan ini, maka masyarakat akan lebih sadar untuk menjaga lingkungan masing-masing.

“Lubuk Larangan di Kubang ini mengingatkan saya kala masa remaja, disinilah saya mencari ikan dan manyuluah bersama teman-teman. Dan, tentang Lubuak Larangan ini dinilai sebagai kearifan lokal yang berpengaruh kuat dalam praktik-praktik adat konservasi alam serta menjaga kelestarian sungai dari pencemaran, pengrusakan atau eksploitasi berlebihan,” ujar Benny Utama.

Menanggapi aspirasi masyarakat Kampung Kubang, ia meminta dilanjutkan kembali normalisasi Sungai Batang Anang tersebut, karena durasi curah hujan yang tinggi belakangan ini membuat air sungai sering meluap, mengakibatkan persawahan masyarakat menurun hasil pertaniannya.

Karena itu, Bupati Pasaman akan melanjutkan kembali normalisasi Batang Anang tersebut, dan juga memberikan bantuan pembangunan kepada Mushalla Zaitul Riqa yang berlokasi di Kampung Kubang, Kaluai Nagari Tanjuang Baringin.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pemuda Kampung Kubang, Edo Nofrianto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati Pasaman beserta rombongan, yang bersedia meluangkan waktunya melepas bibit ikan dan melanjutkan normalisasi Sungai Batang Anang.

“Alhamdulillah, agenda pelepasan bibit ikan ini berjalan lancar. Terkait pengambilan ikan larangan tersebut, akan dibuka sekali enam bulan melalui memancing,” pungkas Edo.

(Unc)