5 Destinasi Wisata Pasaman Masuk 10 Besar Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara Kemendes RI
Destinasi wisata Bayang Aia di Nagari Pauah, Lubuk Sikaping, Pasaman @airterjunmuraitinggi

2,058 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Jakarta (Centangbiru) – Kabupaten Pasaman kembali raih penghargaan tingkat nasional, kali ini dalam sektor desa wisata. Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, mewakili Pemkab Pasaman untuk menerima CSR dan Pembangunan Desa Berkelanjutan Award 2022, yang dilaksanakan di hotel JS Luwansa Jakarta, Kamis (23/06).

Turut mendampingi Wakil Bupati dalam kegiatan tersebut, ada 5 (lima) orang wali nagari, diantaranya Wali Nagari Pauah, Wali Nagari Ganggo Mudiak, Wali Nagari Lansek Kodok, Wali Nagari Ganggo Hilia dan Wali Nagari Jambak.

Selain itu juga ikut mendampingi, Perwakilan Bumnag Bina Karya Pauah, Bumnag Mudiak Sepakat, Bumnag Bina bersama, Bumnag Batu Basurek dan Bumnag Satampang Baniah.

“Pembangunan Desa Berkelanjutan Award 2022 tersebut adalah dalam rangka memotivasi, menyemangati percepatan pengembangan desa wisata di Nusantara, terkhusus di Kabupaten Pasaman dan Sumatera Barat,” ujar Sabar AS, kepada wartawan di Jakarta, usai menerima penghargaan tersebut.

Sabar AS juga menambahkan, sejalan dengan arah kebijakan pembangunan sektor pariwisata Kabupaten Pasaman, maka promosi wisata sangatlah penting dan momen ini sangatlah mempunyai arti penting dalam mengembangkan kawasan wisata di Pasaman.

“Merupakan sebuah prestasi yang luar biasa dapat mengembangkan segenap objek wisata yang terdapat di Nagari nagari yang ada di Kabupaten Pasaman,” tutur Sabar AS.

Ia juga menerangkan, adapun lima nagari yang kita dorong tersebut, berhasil masuk dalam sepuluh besar lomba promosi desa wisata tingkat nasional dari di Provinsi Sumatera Barat.

“Terima kasih buat Kementerian Desa RI, yang sudah memprakarsai kegiatan ini, semoga kegiatan ini bermanfaat, mendorong percepatan dan pengembangan pariwisata di desa-desa di nusantara, khususnya di Pasaman,” pungkas Sabar AS.

Adapun empat objek wisata itu meliputi:
1. Kawasan wisata Equator Bonjol, Desa Ganggo Mudiak, Kecamatan Bonjol, Pasaman. Pengelola BUM Des Mudiak Sepakat Gangho Mudiak, mendapatkan suka sebanyak 20.915.

2. Benteng Bukit Tajadi, Desa Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Pasaman, yang dikelola BUM Des Batu Basurek, Ganggo Hilia. Mendapatkan suka sebanyak 13.974.

3. Bayang Aia, Desa Pauah, Kecamatan Lubuk Sikaping, Pasaman, pengelola BUM Des Bina Karya Pauah, mendapatkan suka sebanyak 23.289.

4. Puncak Koto Panjang, Desa Lansek Kadok, Kecamatan Raso Selatan, Pasaman. Pengelola BUM Des Bina Bersama Lansek Kadok, mendapatkan suka sebanyak 18.351.

5. Jembatan Surau Lamo, Desa Jambak, Kecamatan Lubuk Sikaping, Pasaman yang dikelola BUM Des Satampang Baniah Jambak, jumlah suka sebanyak 9.055.

“Selamat kepada para pemenang yang telah berhasil meraih like terbanyak. Lomba promosi Desa Wisata Nusantara ini juga mendorong Sobat Desa untuk memperkenalkan potensi tempat wisata di desa-desa di seluruh Indonesia,” tertulis dalam postingan pengumuman di Instagram Kemendes PDTT, Jumat (24/6).

lomba Promosi Desa Wisata Nusantara yang digelar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemenkes PDTT) RI.

Lomba tersebut digelar pada periode Januari-Juni 2022. Empat objek wisata di Kabupaten Pasaman yang masuk nominasi itu berhasil meraih like (suka) terbanyak.

(Sumbarmadani/suararantau/Unc)