Koperasi Pasar Benteng (Kopabe) Saiyo Tanjuang Baringin Bersiap Untuk Pengelolaan Pola Syariah
Ketua dan pengurus Kopabe Saiyo Tj Baringin

1,531 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Dalam rangka menuju Koperasi Syari’ah, Pengurus Koperasi Pasar Benteng Saiyo (Kopabe Saiyo) Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, menggelar sosialisasi di ruang Sekretariat Kopabe Saiyo, di Jalan Bypass No 13 Pasar Benteng, Lubuk Sikaping, Rabu (10/08/2022).

Agenda Kopabe Saiyo ini bertajuk Sosialisasi Pengelolaan Koperasi Pola Syari’ah, yang dihadiri Ketua dan seluruh pengurus serta anggota koperasi tersebut.

Turut hadir dalam sosialisasi ini, Kadis Koperasi dan UKM Pasaman, Camat Lubuk Sikaping, Wali Nagari Tanjuang Baringin diwakili Kaur Perencanaan Ronal Yulmasri, Kepala Jorong IV, Syahrial dan pemateri sosialisasi, Dr. Erwan, S.Hi MH.

Ketua Kopabe Saiyo, Metra Syarif, S.Pdi menyampaikan, bahwa proses transisi menuju Syariah ini telah dicanangkan sejak RAT tutup buku tahun lalu. Ia juga mengharapkan agar seluruh anggota Kopabe Saiyo bersungguh-sungguh dan bertekad bulat untuk mewujudkan Kopabe Saiyo dengan pengelolaan Syariah.

Ustadz Erwan selaku narasumber menjelaskan, bahwa proses transisi dan perubahan status ini, nantinya akan membawa dampak baik bagi anggota. Baik secara ekonomi sesuai konsep koperasi maupun secara syaria’ah sesuai tuntunan Islam.

Ia juga berharap, dengan berubahnya status Kopabe Saiyo menjadi Koperasi dengan pengelolaan secara Syariah, diharapkan akan mendorong tumbuhnya ekonomi berbasis Syariah di Kabupaten Pasaman.

Lebih lanjut disampaikan, dengan adanya sosialiasi dan kajian ini akan menambah referensi dan kajian tentang konsep Syariah dalam pengelolaan koperasi di Pasaman.

“Semoga dengan akan dimulainya Koperasi Syariah oleh Kopabe Saiyo, akan mendorong koperasi lainnya di Kabupaten Pasaman untuk ikut menerapkan konsep Syariah,” kata Erwan.

Kopabe Saiyo Tanjuang Baringin saat ini memiliki 64 orang anggota dan senantiasa aktif guna menjalankan setiap jenis usaha yang diselenggarakan Kopabe Saiyo.

(Unc)