Semangatkan Pemuda Agar Produktif, Komunitas Millenial Bergerak Pasaman Bantu Bibit Lele dan Bibit Pinang Betara
Komunitas Millenial Bergerak Pasaman saat tanam bibit pinang Batara

2,083 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Dengan semangat pemuda bangkit dan pemuda yang produktif, Komunitas Millenial Bergerak Pasaman gelar agenda Tanam Millenial berupa tanam bibit pinang Betara dan Millenial Fish Preneuer berupa penyerahan bibit ikan lele kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Kaluai Sepakat di Jorong Kubang, Nagari Tanjuang, Baringin, Lubuk Sikaping, Minggu, (14/08/2022).

Indonesia dikenal sebagai negara agraris dan maritim, sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani dan membudidayakan komoditas pertanian dan perikanan sesuai dengan kondisi geografisnya. Berbagai tanaman mampu tumbuh subur hampir di seluruh pelosok negeri ini dan berbagai jenis ikan yang mampu mendongkrak ekonomi.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, profesi petani dan pembudidaya ikan tampaknya tidak dilirik dan mulai ditinggalkan, khususnya generani muda. Pertanian dianggap menjadi bisnis yang kurang menjanjikan sehingga banyak pemuda yang memilih profesi yang lain dan bahkan mencari kerja dengan bermigrasi baik di dalam negeri maupun ke luar negeri.

Namun, paradigma itu tidak berlaku bagi Komunitas Bergerak Pasaman, yang bertujuan mengembangkan agribisnis dan mengajak pemuda tani di wilayahnya untuk bersemangat atau produktif dalam sektor tersebut.

M. Ichsan Efriananda selaku salah seorang founder menjelaskan, bahwa komunitas Millenial Bergerak Pasaman yang mempunyai dua bidang Perikanan (Millenial Fish Preneur) dan bidang pertanian (Tanam Millenial) dibentuk bertujuan untuk membantu dan membangkitkan semangat para pemuda agar lebih produktif dalam berusaha memajukan sektor pertanian dan Perikanan di Pasaman.

“Untuk saat ini, kami fokus ke pengembangan, edukasi dan pembinaan potensi generasi muda Pasaman guna aktif dalam sektor pertanian dan perikanan. Akan tetapi, tidak tertutup kemungkinan pada sektor lainnya seperti peternakan dan lainnya,” ujar Ichsan kepada Centangbiru, (14/08).

Senada dengan Ichsan, Ichram Fauzi Pakpahan yang juga founder komunitas Millenial Bergerak Pasaman mengatakan, bahwa keinginan untuk memajukan taraf ekonomi masyarakat khususnya pemuda Pasaman adalah landasan dasar komunitas Millenial Bergerak Pasaman dibentuk.

“Kedepan, kita akan berkalobarasi dengan pemerintah serta pihak lainnya. Tujuannya, antara lain untuk menggali potensi beberapa sektor yang menjadi andalan Pasaman,” Ichram Fauzi Pakpahan.

Kita berharap, lanjut Ichram, sektor pertanian dan perikanan akan menjadi lebih baik pengelolaannya di Pasaman. Komunitas Millenial bergerak ini punya tujuan untuk pembinaan generasi muda di Pasaman.

“Dengan semangat kebersamaan, komunitas Millenial Bergerak Pasaman akan kembangkan di 12 Kecamatan yang ada di Pasaman. Sehingga nantinya, apa yang menjadi kendala bagi para petani dan pembudidaya, khususnya pemuda produktif di Pasaman dapat dibantu dicarikan solusinya,” ungkap Ichram Fauzi Pakpahan.

Pada agenda kali ini, komunitas Millenial Bergerak Pasaman memberikan dan menanam 30 bibit Pinang Batara kepada Pemuda Tani Kaluai dan 25 ribu ekor bibit ikan Lele kepada POKDAKAN Kaluai Sepakat, Nagari Tanjuang Baringin, Lubuk Sikaping.

(Unc)