Hari Ke-1 Penerimaan Pendaftaran Panwascam, Bawaslu Pasaman Terima 31 Pelamar

990 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Pada hari perdana penerimaan pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasaman telah menerima lamaran sebanyak 31 berkas.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bawaslu Pasaman memanggil putra-putri terbaik daerah itu untuk bergabung menjadi Panwascam pada Pileg dan Pilpres 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita mengatakan, pihaknya telah membentuk kelompok kerja (pokja) pembentukan panwascam dalam rangka menghadapi pemilu serentak 2024 mendatang.

“Pada hari pertama ini, Bawaslu Pasaman telah menerima berkas lamaran sebanyak 31 orang. Yang terdiri dari, 19 Laki-laki dan 12 orang Perempuan yang berasal dari 10 kecamatan, 2 kecamatan masih kosong pendaftar, yakni Padang Gelugur dan Mapat Tunggul. Bawaslu Pasaman menerima pendaftaran calon anggota panwascam dari tanggal 21 hingga 27 September 2022 mendatang,” kata Rini Juita yang didampingi Anggota Bawaslu Mesrawati, kepada Centangbiru, Rabu (21/09/2022).

Ia menambahkan, bagi yang ingin mendaftar, bisa mengirim surat lamaran melalui pos kilat maupun diantar langsung ke Sekretariat Kelompok Kerja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Kabupaten Pasaman, Jalan Imam Bonjol Nomor 90, Nagari Pauah, Lubuk Sikaping.

Dokumen persyaratan dibuat masing-masing rangkap tiga terdiri dari satu rangkap asli dan dua rangkap fotokopi.

Untuk syarat dan kelengkapan berkas, Rini Juita menjelaskan, tidak terlalu banyak berubah dari sebelumnya. Namun yang ditekankan dalam perekrutan kali ini adalah adanya keterwakilan perempuan.

Rini Juita, wanita cantik asli Kumpulan-Bonjol ini berharap, seleksi Panwascam kali ini mendapat perhatian dan antusias dari masyarakat, sehingga proses seleksi ini lebih selektif dan pada akhirnya dapat mengawal pesta demokrasi lebih baik lagi di kecamatan masing-masing.

“Seleksi bersifat terbuka dan peserta yang lolos akan diumumkan untuk menerima masukan rekam jejak dari masyarakat,” kata Rini.

Seleksi dilakukan beberapa tahap. Setelah pengumuman, dilanjutkan dengan penerimaan berkas pendaftaran dan verifikasi administrasi, kemudian seleksi tertulis dan wawancara.

Rini Juita yang juga Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Data Informasi Bawaslu Pasaman mengatakan, nantinya juga dilakukan analisis rekam jejak berdasarkan media sosial terhadap calon anggota. Selain itu, peserta juga akan dilakukan penilaian rekam jejak dari data SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik) milik KPU.

Anggota Panwascam terpilih, nantinya akan dilantik dan diberi pembekalan pada 26-28 Oktober 2022, sehingga mereka dapat langsung mengawasi tahapan verifikasi faktual di bulan November.

Rini berharap, dapat terpilih Panwascam yang tangguh, cakap dan mumpuni untuk menyongsong pemilu 2024 mendatang.

“Kita membutuhkan sosok Panwascam yang cakap dan tangguh. Sebab, kerja-kerja persiapan lebih kompleks dari sebelumnya. Apalagi nantinya akan beririsan dengan alek Pilkada 2024. Yang paling penting adalah berintegritas, independen, profesional, dan tidak terafiliasi dengan peserta pemilu,” pungkasnya.

(Unc)