Kabar Gembira, Inilah Manfaat Durian Bagi Kesehatan
Durian sangat lezat dan bermanfaat

2,285 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Centangbiru – Sering dikira memicu penyakit seperti kolesterol, durian ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Ini adalah kabar bahagia untuk pencinta durian. Sang raja buah nan berduri dan beraroma menyengat tersebut ternyata tidak menyebabkan kolesterol tinggi. Justru, manfaat durian bagi kesehatan tubuh sangat beragam, selama porsinya tidak berlebihan.

Berbagai penelitian menyebutkan, buah khas Asia Tenggara ini punya kandungan gizi yang beragam. Misalnya, vitamin B, C, zat besi, potasium, senyawa nabati, lemak sehat, dan serat.

Dengan kandungan tersebut tak heran durian punya banyak manfaat sehat, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaaan
Buah durian mengandung kadar serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna anda. Berkat manfaat ini, durian dapat dijadikan sebagai salah satu solusi mengatasi sembelit.

2. Mencegah Penuaan Dini
Buah durian mengandung banyak antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas.
Sel-sel tubuh pun akan terhindar dari kerusakan. Adanya manfaat ini juga bisa bikin Anda lebih awet muda.

3. Menunjang Kesehatan Jantung
Selama ini dituding merusak, durian justru menunjang kesehatan jantung karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Tak lain, manfaat durian ini berkat kandungan serat di dalamnya. Perlu anda tahu, penurunan kadar kolesterol jahat sejalan dengan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang lebih rendah.

4. Menurunkan Resiko Kanker
Kandungan antioksidan yang tinggi pada durian juga berperan untuk mencegah pembentukan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Berkat tambahan vitamin A, B, dan E yang cukup, durian mampu menurunkan risiko penyakit kanker.

5. Mencegah Nyeri Sendi
Durian sangat tinggi vitamin C, terutama jika dimakan mentah. Secangkir durian segar atau beku mengandung 48 gram vitamin C. Rata-rata, orang dewasa membutuhkan 75–90 gram vitamin C per hari. Gejala kekurangan vitamin C adalah nyeri sendi. Dengan demikian, asupan cukup vitamin C melalui makanan adalah cara yang aman untuk membantu mencegah nyeri sendi.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Durian memiiki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Asupan tinggi vitamin C dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

7. Mengontrol Tekanan Darah
Manfaat durian bagi kesehatan berikutnya adalah menjaga tekanan darah. Pasalnya, buah berduri mengandung kadar kalium yang cukup tinggi. Kalium sendiri berperan dalam membantu mengontrol tekanan darah agar tetap berada di rentang yang normal. Artinya, konsumsi buah tropis ini dalam porsi yang sesuai mampu menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi.

8. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah
Durian mengandung zat besi dan tembaga yang diperlukan untuk menciptakan sel darah merah. Mengonsumsi buah tropis tersebut mampu menurunkan risiko anemia atau turunnya kadar hemoglobin dalam darah.

9. Mengatasi Imsonia
Durian memiliki senyawa bernama tryptophan, yang bisa memberikan efek mengantuk (sedasi). Jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, mengonsumsi durian secara teratur dapat menjadi solusi.

10. Menurunkan Resiko Depresi
Terdapat penelitian yang menjelaskan bahwa salah satu pemicu terjadinya depresi adalah kurangnya asupan vitamin B6. Di sisi lain, buah durian mengandung kadar vitamin B6 yang cukup banyak, sehingga mampu mencegah terjadinya depresi dan gangguan mental sejenis.

11. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Manfaat durian bagi tubuh selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Di dalam buah ini terdapat kandungan potasium yang berperan dalam dua hal tersebut. Mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat tentu bisa memelihara kesehatan gigi dan tulang.

12. Meningkatkan Kualitas Sperma
Bukan isapan jempol belaka, menurut beberapa ahli, durian ternyata benar-benar mampu meningkatkan kualitas dan pergerakan (motilitas) sperma pria. Anda punya kekhawatiran mengenai kualitas sperma? Yuk, coba cara alami dengan konsumsi durian.

13. Melawan Infeksi
Kulit buah atau getah dalam selaput luar buah durian mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Hal ini yang membuat para peneliti menyimpulkan bahwa durian baik untuk memerangi infeksi. Meski terbukti memiliki beragam manfaat sehat, penderita diabetes perlu berhati-hati dengan buah yang satu ini. Sebab, durian memiliki kadar gula yang tinggi sehingga berpotensi menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Durian memang punya aroma dan rasa yang belum tentu cocok bagi semua orang. Namun, nutrisi di dalamnya bisa mendukung kesehatan Anda, selama dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

(Klikdokter/dr.MuhammadIqbalRamadhan)