Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa KKN Unand Di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah Gelar Sosialisasi dan Pemeriksaan Kesehatan Warga
Mahasiswa KKN Unand gelar pemeriksaan kesehatan warga

817 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Padang (Centangbiru) – Meski dalam masa pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN Universitas Andalas (Unand) di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur Kota Padang, yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Cesar Welya Refdi, S.TP, M.Si tetap melakukan kegiatan pengabdian masyarakat pada masa KKN, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Mahasiswa KKN Unand tersebut, melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga, berupa pemeriksaan tekanan darah dan kadar gula darah. Selain itu, masyarakat juga diberikan edukasi kesehatan terkait hipertensi dan diabetes melitus, (25/7/2021).

Kegiatan ini dilakukan oleh Firjatul Syandana dan Fitria Rahmi Nukti, yang merupakan mahasiswa Jurusan Pendidikan Dokter Universitas Andalas. Dan dibantu oleh tim KKN Kelurahan Kubu dalam dan juga dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan.

Pemeriksaan dan sosialisasi kesehatan ini digelar dengan bekerjasama dan dilaksanakan di rumah Ketua RW 02 Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah.

Agenda ini merupakan salah satu program kerja mahasiswa KKN Unand di Kubu Dalam Parak Karakah, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Pemeriksaan kesehatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dan sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penyakit hipertensi dan diabetes melitus sebagai upaya pencegahan.

Cesar Welya Refdi, S.TP, M.Si selaku DPL, juga turut memberikan sosialisasi terkait pangan fungsional yang dapat dikonsumsi untuk pencegahan penyakit degeneratif.

“Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan memberikan informasi, terutama bagi warga yang belum pernah memeriksa kesehatannya. Sehingga, dapat melakukan pencegahan tertentu apalagi di masa pandemi,” ujar Cesar Welya Refdi, S.TP, M.Si, selaku Dosen Pembimbing Lapangan, kepada Centangbiru, (29/7).

Pangan fungsional tertentu, tambah Cesar, yang sebenarnya banyak ditanam di pekarangan rumah seperti herbal, daun-daunan tertentu dapat dimanfatkan menjadi minuman herbal dalam meningkatkan imunitas tubuh termasuk pencegahan darah tinggi (hipertensi) dan peningkatan kadar gula darah (diabetes).

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN dari Fakultas Pertanian Unand, Wulan Sekar Dhini, turut melakukan pembagian minuman herbal, sebagai upaya pemanfaatan herbal sebagai minuman fungsional peningkat system imun di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dengan mewajibkan warga yang datang menggunakan masker, dilakukan pemeriksaan suhu dan penggunaan hand sanitizer sebelum masuk lokasi kegiatan.

Selain itu, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, warga yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan dibagi pada waktu yang berbeda.

Peserta pemeriksaan Kesehatan diberikan masker gratis jika datang tidak menggunakan masker, serta duduk yang berjarak.

(Unc)