Diharapkan Lahirnya The Next Fauma Defril Jumra, Kejurda Atletik Sumbar Di Pasaman Dimulai
Kejurda Atletik Sumbar 2022 di Pasaman

1,104 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Guna upaya melahirkan the Next Fauma Defril Jumra, Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Asisten I Devi Kurnia, SH, MH membuka resmi Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik se-Sumbar di Stadion Tuanku Imam Bonjol, Lubuk Sikaping, Senin (27/6/2022).

Perhelatan Kejurda Atletik Sumbar 2022 tersebut dimulai 26-29 Juni 2022, yang diikuti 274 orang Atlit putra putri, dari Kelompok Umur 14, U 16, U 18, U 20 dan senior.

Asisten I, Devi Kurnia, SH, MH saat menyampaikan sambutan Gubernur Sumbar, mengatakan atletik merupakan salah satu olahraga yang paling banyak diminati disejumlah negara termasuk Indonesia.

Gubernur Sumbar menambahkan dengan event Kejurda tingkat Sumbar ini, diharapkan menjadi ajang pencarian bibit-bibit atlet berbakat, khususnya atletik dan ajang evaluasi dalam mencari atlet-atlet berbakat untuk dipersiapkan membela Sumbar di berbagai Kejurnas.

Kemudian, Pemprov Sumatera Barat berterima kasih dan memberi apresiasi kepada Pengprov PASI yang telah menyumbangkan medali 2 (dua) emas dan 1 (satu) perunggu pada PON XX tahun 2021 yang lalu.

“Apresiasi tinggi kepada peraih mendali Emas atas nama Fauma Defril Jumra asal Pasaman dan Rafika Putra di nomor lontar martil sekaligus memecahkan rekor PON di Stadion Atletik Mimika Sport Complex,” tuturnya.

“Junjunglah tinggi sportifitas, jaga nama baik sendiri dan daerah, raih prestasi setinggi mungkin dengan semangat pantang menyerah,” pungkasnya.

Sebelumnya,Ketua Pelaksana, Ediwarman dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan Kejurda Atletik se-Sumatera Barat ini adalah sebagai ajang seleksi atlet atletik Sumbar untuk mengikuti Kejurnas 2022 di Semarang pada Bulan Agustus 2022. Serta, meningkatkan volume kegiatan event atletik di Sumbar dalam rangka memberikan Memotivasi melalui Kejurda Atletik dan Memantau atlet atletik Sumbar untuk dipersiapkan mengikuti Pra Pon 2023 dan Porwil di Medan dan Aceh .

Ediwarman juga menjelaskan jumlah kontingen yang mengikuti Kejurda Atletik 2022 dari 15 Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

“Jumlah atlet 274 orang pelatih dan ofisial 61 orang dan kepanitiaan berjumlah 60 orang,” tutupnya.

Setelah pembukaan dilaksanakan final lari 100 M U 20 Putri diikuti 6 (enam) peserta dan pemenang nya Dea Novika dengan catatan waktu 14.05 (Mendali Emas) asal Pasaman, Mendali Perak Stevani Ramadhani 14.54 asal Padang dan Medali Perunggu Tiara Amanda 14.71 asal Kabupaten Solok.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, Ketua KONI Sumbar, Ketua Pengcab PASI Sumbar, SKPD dilingkungan Pemkab Pasaman, Ketua KONI Kabupaten Pasaman, Tommy Irawan Sandra dan Ketua PASI Kabupaten/Kota se-Sumbar.

(Unc)