Sedih, Objek Wisata Taman Bunga Puncak Tonang Resmi Ditutup Bagi Pengunjung
Taman Bunga Puncak Tonang, Lubuk Sikaping

6,682 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Sebuah kabar yang kurang mengenakkan datang dari salah satu objek wisata indah nan tersohor di Kabupaten Pasaman, yakni Taman Bunga Puncak Tonang di Lubuk Sikaping.

Terhitung mulai Selasa (27 September 2022), objek wisata yang sangat sejuk dan eksotis tersebut akan ditutup bagi pengunjung atau wisatawan.

Hal ini dibenarkan oleh pihak pengelola Taman Bunga Puncak Tonang, Fatika Oktanas.

Ia mengatakan, bahwa ditutupnya Taman Bunga Puncak Tonang bagi pengunjung dikarenakan beberapa kendala yang komplit dan belum ditemui titik terangnya.

“Ya, dengan berat hati kami sampaikan bahwa Taman Bunga Puncak Tonang akan kami tutup bagi para pengunjung. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pungli dan infrastruktur jalan ke lokasi semakin berat untuk dilalui. Kedepan, di lokasi Taman Bunga Puncak Tonang ini, akan kami fokuskan kepada penanaman sayuran dan tanaman muda lainnya,” ungkap Fatika Oktanas, didampingi Husnil kepada Centangbiru, Senin (26/09).

Fatika juga menuturkan, bahwa keputusan untuk menutup objek wisata ini sangat berat, karena Taman Bunga Puncak Tonang sudah terkenal akan keindahan dan keasrian alam yang mempesona.

“Ini sangat membuat kami sedih, karena begitu banyak pengunjung yang berkesan akan taman bunga ini. Cuma bagaimana lagi, kami tidak tega melihat kejadian belakangan ini, banyak pengunjung yang terkena pungli disebabkan akses jalan ke lokasi yang makin parah,” tutur Fatika.

Ia juga berharap, kedepannya Pemerintah Kabupaten Pasaman agar lebih serius untuk menjadikan Pasaman menjadi tujuan wisata. Salah satunya adalah memperbaiki faktor pendukung yakni pembangunan infrastruktur berupa jalan yang bagus untuk dilalui pengunjung menuju lokasi objek wisata.

“Jika suatu saat pengelolaan tatanan pariwisata Pasaman berjalan baik dan professional, serta pendidikan wisata bagi masyarakat dan pembinaan pokdarwis yang lebih intens, tentu kita akan mempertimbangkan untuk kembali membuka Taman Bunga Puncak Tonang bagi pengunjung,” pungkas Fatika Oktanas.

Untuk informasi, objek wisata Taman Bunga Puncak Tonang mulai dikembangkan dan dibuka untuk umum pada 2018, lokasi nan indah sejuk ala Puncak Bogor ini pernah viral dan dikunjungi ribuan wisatawan dari berbagai penjuru nusantara di setiap harinya.

(Unc)