Bawaslu Pasaman Tingkatkan Kapasitas SDM Jajarannya, Dalam Pembuatan Kajian Penanganan Pelanggaran Pemilu

778 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasaman menggelar kegiatan pembinaan dengan tema ‘Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Membuat Kajian Penanganan Pelanggaran’ yang diikuti oleh seluruh jajarannya, bertempat di Aula Bawaslu Pasaman, Selasa (18/10/2022).

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kualitas SDM yang memiliki integritas dan karakter kuat sebagai upaya mempersiapkan perhelatan Pemilu maupun Pemilihan Tahun 2024.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Pasaman berharap agar kegiatan ini memberikan penyegaran serta berdampak positif pada kinerja seluruh jajarannya.

Vifner, SH, MH selaku narasumber menyampaikan, bahwa kunci keberhasilan pencapaian kinerja lembaga pengawasan adalah kapasitas SDM yang mumpuni serta mampu bekerja sama satu dengan yang lainnya sebagai sebuah team work.

Lebih lanjut Vifner memberikan motivasi, bahwa yang harus dilakukan adalah berpikir positif, karena pikiran seseorang akan berdampak pada apapun yang dikerjakan.

Ia juga menyampaikan, beberapa penekanan penguatan integritas serta komitmen yang kuat sebagai pengawas Pemilu.

“Sebagai penyelenggara penegakan hukum Pemilu, Bawaslu memiliki kewenangan yang cukup luas dan ada juga kewenangan mencakup konteks pidana Pemilu yang berkolaborasi dengan sentra Gakkumdu. Maka dari itu, Bawaslu dituntut agar memiliki kapasitas SDM yang mumpuni dan berintegritas,” ungkap Vifner, yang lama berkecimpung sebagai penyelenggara Pemilu.

Bawaslu dan sekretariat dalam hal ini, tambah Vifner, harus mampu menangani proses penanganan pelanggaran atau potensi-potensi sengketa Pemilu.

“Agenda ini adalah momentum untuk memperkuat pengetahuan Bawaslu dan sekretariatnya, agar mampu memahami penuh aturan dan perundang-undangan kepemiluan,” tutur Vifner.

Hadir dalam agenda tersebut, Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita bersama anggota, Mesrawati dan Kristian, Korsek Al Ikhwan dan staf Sekretariat Bawaslu Pasaman.

(Unc)