PKM Unand Bina Poktan Baramban Pakan Sinayan Buat Sambal Botol Baiyo
Sambal botol Baiyo

2,756 kali dilihat, 27 kali dilihat hari ini

Pakan Sinayan (Centangbiru) – Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi, selain pengajaran dan penelitian. Kegiatan PKM merupakan suatu kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh civitas akademika perguruan tinggi yang dikoordinir oleh Dosen melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dengan melibatkan mahasiwa dan juga alumni.

Bentuk agendanya dapat berupa penyuluhan dan pendampingan, atau peran sebagai mitra dalam rangka pengembangan usaha atau kegiatan produktif yang dilakukan oleh kelompok masyarakat.

Beberapa dosen dan mahasiswa berbagai disiplin ilmu (program studi) Universitas Andalas (Unand) dari Fakultas Pertanian dan Teknologi Pertanian, telah memulai kegiatan PKM pendampingan kelompok dalam LPPM Program Berkelanjutan Membantu Usaha Berkembang di Nagari Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kegiatan PKM dilakukan dengan mitra Kelompok Tani Baramban yang bergerak dibidang pertanian, dengan fokus kegiatan pengembangan usaha budidaya dan pemasaran sayuran sehat, seperti buncis, tomat, daun bawang, dan cabe. Namun dalam pengembangan usahanya, kelompok mengalami berbagai kendala, dalam hal penanaman dan pengolahan, maupun pemasarannya.

“Guna lebih mengoptimalkan usaha sayuran sehat dari poktan Baramban ini, kami mencoba melakukan pembinaan tentang pembuatan sambal kemasan botol, sehingga nantinya bisa laku dan berdaya saing di pasar,” ujar Cesar Welya Refdi, S.TP, M.Si selaku dosen dan tim Unand, kepada Centangbiru, (29/11).

Selanjutnya, Tim PKM Unand juga memberikan penyuluhan sekaligus mempraktekkan pengolahan cabe dan tomat oleh Cesar Welya Refdi, S.TP., M.Si. Mesinnya sudah dimiliki Kelompok, ia berharap, optimal digunakan oleh seluruh anggota poktan.

Sambal kemasan botol ini, diberi merk dagang yaitu Baiyo. Dengan adanya sambal botol Baiyo diharapkan dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat Agam maupun Sumatera Barat.

Diharapkannya juga, kegiatan PKM dengan program kerja ini akan dapat memberikan manfaat yang lebih dapat dirasakan oleh kelompok mitra dalam pengembangan usahanya yang secara tidak langsung akan dapat berdampak kepada peningkatan perekonomian masyarakat di Nagari Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu, Agam.

(Unc)