KPU Pasaman Terima 905 Pelamar Calon PPK Untuk Pemilu 2024
Pelamar calon PPK saat datangi KPU Pasaman

1,357 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Lubuk Sikaping (Centangbiru) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman menyampaikan, bahwa pelamar calon Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK untuk Pemilihan Umum Serentak 2024 berjumlah 905 orang.

“Sampai hari Selasa (29/11), KPU Pasaman sudah mendata total seluruh pelamar calon PPK se-Pasaman dengan total 905 pelamar. Dengan rincian, 398 pelamar laki-laki,” kata Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi melalui Kordiv SP3M SDM KPU Pasaman, Eria Candra kepada Centangbiru, Rabu (30/11).

Kemudian, lanjut Eria Candra, perempuan yang melamar sebagai calon PPK berjumlah 467 pelamar. Sementara, 40 pelamar masih proses melengkapi berkas.

Proses tahapan rekrutmen calon PPK Pemilu Serentak 2024 telah digelar sejak 20 November 2022. Lalu, kata Erik, proses tahapan ditutup pada 29 November 2022.

“Ditutup 29 November di jam kerja tepatnya pukul 16.00 WIB di seluruh Indonesia. Secara otomatis, penerimaan pendaftaran melalui sistem Siakba otomatis tertutup terkunci terkait dengan proses pendaftaran untuk anggota badan adhoc PPK,” terangnya.

Tahapan pendaftaran menurut Erik, baru awal dari proses rekrutmen calon PPK. Para pendaftar selanjutnya akan mengikuti proses tahapan verifikasi berkas kelengkapan dan keabsahan yang telah disampaikan saat mendaftar melalui Siakba maupun penyampaian berkas pendaftaran manual.

“Kemudian, setelahnya dilakukan proses ujian tertulis berbasis komputer, ini akan kami lakukan pada 6 Desember 2022, setelah itu proses wawancara dengan sebelum kami umumkan ke publik sebagai bagian dari uji publik,” kata dia.

Pengumuman ke publik nantinya diharapkan, dapat mendapatkan masukan dan informasi terhadap para calon PPK yang mendaftar, sehingga mereka yang terpilih menjadi badan adhoc benar-benar orang-orang yang berkompeten, berintegritas, tidak pernah menjadi anggota partai politik maupun tim sukses.

“Diharapkan yang lolos seleksi nantinya, adalah orang-orang professional dengan rekam jejak yang baik, integritas yang baik juga,” pungkas Eria Candra.

Menghadapi Pemilu 2024, KPU Pasaman nantinya akan menetapkan 60 orang anggota PPK, dengan rincian 5 orang untuk 12 kecamatan yang ada di Pasaman.

(Unc)